Cek Tekanan Angin
Kamis | 7 Juni 2018 | 8.55 WIB

Hallo.id, Jakarta – Sudah memutuskan untuk mudik pakai mobil pribadi? Kalau sudah sebaiknya mulai dari sekarang lakukan pengecekan kendaraan. 

Salah satu yang harus mendapat perhatian khusus adalah pada bagian ban. Komponen mobil yang satu ini punya fungsi sangat vital.

Lihat kondisi kembangan ban bagaimana, apakah masih layak untuk dibawa berkendara jauh atau sudah waktunya diganti. Selain itu cek tekanan angin pada ban, apakah sesuai standard yang direkomendasikan pabrikan atau tidak.

Kalau kurang angin bisa menyebabkan velg pecah atau rusak. Sebaliknya, kalau kelebihan bisa bikin ban meledak.

“Yang pasti kalau mau mudik periksa kondisi mobil dari mesin sampai tekanan angin pada ban. Tekanan angin pada ban mobil sangat berpegaruh sekali, bila tekanan angin ban kurang lalu ban melibas lobang, bisa saja velg pecah,” ujar Berry Dhalael Saifuddin, selaku Ketua Umum Toyota Vios Club Indonesia (TVCI).

Memeriksa kondisi ban juga sebaiknya dilakukan saat perjalanan. Ada baiknya pemudik memanfaatkan posko mudik yang disinggahi saat mudik. Enaknya lagi karena di posko mudik tersebut ada mekanik dan juga alat kompressor bila ternyata ditemukan indikasi kurang angin atau kelebihan tekanan angin di ban mobil Anda. 

“Jadi jangan lupa manfaatkan fasilitas di posko mudik. Sambil istirahat sekalian aja periksa kondisi kendaraan," lanjut Berry.

Saran bijak lainnya dari Berry, bila sudah terasa lelah sebaiknya beristirahat dan jangan memaksakan diri. Setidaknya langkah ini akan membantu mengurangi resiko kecelakaan. 

"Jangan terlalu memaksakan diri bila tubuh sudah mulai lemah. Setiap 3-4 jam sekali harus istirahat, ini baik untuk tubuh juga baik untuk kendaraan," pungkasnya.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.