Avanza RWD
Kamis | 5 Juli 2018 | 15.32 WIB

Hallo.id, Jakarta - Toyota Avanza dikenal sebagai 'mobil sejuta ummat' yang menguasai segmen Low MPV selama belasan tahun. Salah satu keunggulannya karena menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Konsumen di Indonesia sudah cukup akrab dengan sistem penggerak roda belakang atau biasa disingkat RWD (Rear Wheel Drive) ini. Sehingga meski banyak pesaing yang hadir dengan bentuk lebih modern serta fitur berlimpah, namun menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD), tetap saja penjualan Avanza masih positif.

Dengan alasan inilah kemungkinan besar Toyota Avanza di masa depan masih akan mengadopsi sistem penggerak roda belakang meski bentuknya diprediksi bakal berubah total. 

Namun prediksi ini masih dimentahkan oleh Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Avanza sudah pasti akan mengalami ubahan, tetapi seperti apa masih belum bisa diinformasikan, karena belum ketok palu. Saya sudah tiga kali ke Jepang dan memang belum putus bagaimana hasil akhirnya," ujar Fransiscus dikutip dari Carmudi.co.id.

Diakuinya, antara FWD dan RWD punya konsumen masing-masing. Ada kelebihan dan kekurangannya.

"Memang kalau pakai sistem penggerak roda depan kita lihat akselerasinya lebih bagus. Tapi kalau tujuannya untuk angkut penumpang atau barang dalam jumlah lebih, akselerasinya kurang," jelasnya. 

Inilah yang kemudian menjadikan Toyota sedikit bingung dalam menentukan seperti apa Avanza ke depannya. Yang pasti sebut Soerjo, Avanza butuh pembaruan. 

Soerjo juga menyebut terkait rencana hadirnya mobil keluarga andalan TAM ini masih menunggu waktu. Setidaknya usai pelaksanaan PEMILU Presiden tahun depan sambil melihat situasi pasar nantinya.

Menurutnya ini adalah langkah bijak untuk tidak buru-buru meng-counter popularitas Mitsubishi Xpander yang kian meroket. 

“Tahun ini merupakan tahun politik, orang-orang masih menunggu, wait and see. Nanti setelah PEMILU Presiden rasanya sih pasar akan naik. Seharusnya dengan clue ini, sudah bisa ditebak kapan Avanza baru meluncur," pungkasnya menyimpan teka-teki. 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.