Presiden Jokowi Berharap Toyota Motor Corporation Jepang Menambah Investasi di Indonesia
Sabtu | 8 September 2018 | 21.32 WIB

Hallo.id, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku produsen kendaraan Toyota merayakan keberhasilan mencapai satu juta ekspor sejak pengapalan pertama yang dimulai sejak 30 tahun lalu. Seremoni "Realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU" ini juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita beserta jajaran direksi PT TMMIN.

“Dua hal yang penting untuk memperbaiki ekonomi yaitu ekspor dan investasi dan itu sudah terjadi di sini (Toyota). Saya akan ke Jepang lagi bertemu Toyoda (Presiden Toyota Motor Corporation) untuk berterima kasih dan minta tambah lagi investasi. Saya tidak mau kalah dengan Thailand,” tegas Jokowi.

Dirinya pun menganggap bahwa perayaan satu juta ekspor mobil Toyota ini dapat dijadikan momentum untuk mengejar target ekspor nasional.

“Investasi Toyota 22,7 triliun rupiah, targetnya 217 ribu kendaraan yang bisa diekspor tahun ini. Dengan ekspor, devisa perdagangan meningkat dan neraca perdagangan membaik,” jelas presiden.

Negara Tujuan Ekspor

Sedikit mengulik ke belakang, Toyota Indonesia mengekspor kendaraan utuh (CBU) mulai dari tahun 1987 dengan model Toyota Kijang. Tak jauh-jauh, negara pertama tujuan ekspornya tersebut yaitu Brunei Darussalam. Kini, Toyota Indonesia telah melakukan ekspor satu juta unit dengan berbagai model ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia dan Timur Tengah.

Tercapainya angka tersebut tak lain juga atas sumbangsih penambahan model ekspor yang sekarang tercatat sebanyak sembilan model dijadikan komoditi utamanya. Kesembilan model itu meliputi Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya dan Townace/Townlite.

“Sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan ekspor. Kami memaknai pencapaian (ekspor satu juta mobil) ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor, sehingga membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif,” ujar Warih Andang Cahyono selaku Presiden Direktur PT TMMIN.

Tahun 2017 kemarin, ekspor kendaraan utuh dari Toyota pun mencatatkan rekor sebanyak 199 ribu unit selama setahun. Menghadapi tahun ini, Toyota Indonesia pun optimis ekspor mobil CBU (Completely Built-Up) mampu melewati angka 200 ribu unit.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.