Wagon R EV
Rabu | 18 Juli 2018 | 6.25 WIB

Hallo.id, India - Maruti Suzuki India mengumumkan rencana kehadiran mobil listriknya di 2020 mendatang. Ini menjadi mobil listrik pertama Suzuki nantinya.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa model yang dipilih untuk disematkan teknologi listrik ini adalah Wagon R. Mobil sudah dikonversi dari mesin konvensional menjadi motor listrik dan sudah menjalani pengujian.

“Wagon R EV akan menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan oleh perusahaan pada tahun 2020. Kemungkinan besar model ini akan diproduksi di Gujarat, India. Sebab pabrik tersebut memiliki fasilitas yang dapat memproduksi baterai, kerjasama Suzuki, Toshiba dan Denso (Perusahaan Toyota),” sebut sumber tersebut.

Namun itu bukan satu-satunya pilihan lokasi produksi karena masih ada beberapa fasilitas produksi Suzuki di daerah lainnya.

“Ada banyak pilihan. Tidak menutup kemungkinan produksinya juga bakal dilakukan di Manesar atau Gurugram (di Haryana). Karena saat ini Wagon R diproduksi di pabrik Gurugram. Jadi tetap produksi disana meskipun untuk produksi baterai dan komponen terpusat di Gujarat," tambahnya.

Dipilihnya Wagon R menjadi model listrik pertama Suzuki memang cukup masuk akal. Mobil ini dirasa cukup mampu menahan bobot baterai lebih baik dibanding Alto. Perusahaan hanya tinggal menyesuaikan baterai dan motor listriknya saja, sisanya tetap sama.

Meski rumor sudah berhembus kencang, pihak Suzuki secara resmi belum mengeluarkan statemen apapun terkait hal ini.

“Sebagai kebijakan internal, kami tidak mengomentari rencana atau strategi produk di masa depan, sampai kami siap untuk menggumumkannya,” elak perwakilan Suzuki.

Suzuki Wagon R pertama kali meluncur di tahun 1999. Sampai saat ini model tersebut cukup populer di India dan sudah terjual hingga puluhan ribu unit.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.