Warga Kampung Akuarium Bakal Diberi Pelatihan Kerajinan Kayu
Senin | 5 Februari 2018 | 17.12 WIB

Hallo.id, Jakarta - Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakarta Utara, berencana untuk memberikan pelatihan keterampilan kerajinan kayu bagi warga Kampung Akuarium, Penjaringan. 

Setelahnya, mereka juga akan diberi pendampingan dan modal usaha agar dapat membangun unit usaha ekonomi kreatif (ekraf) baru.

Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Utara, Dwi Untoro mengatakan, sudah menggandeng pihak swasta yang siap mendukung rencana itu melalui program CSR. 

"Sebagai tahap awal mereka kita beri pelatihan membuat suvenir replika kapal dan mebeler. Anggarannya tidak dari APBD tetapi CSR," katanya, Senin (5/2/2018).

Dijelaskan Dwi, pihaknya juga berencana memberikan peralatan kerja dan membangun workshop sebagai tempat pembuatan sekaligus ruang pamer hasil kerajinan kayu warga.

Menurut Dwi keberadaan Kampung Akuarium di tengah-tengah situs sejarah Jakarta seperti Museum Bahari, gedung cagar budaya Tempat Pelelangan Ikan dan Pelabuhan Sunda Kelapa, tepat bila didorong menjadi kampung wisata. 

Turis yang mengunjungi situs-situs bersejarah di atas juga sangat mungkin tertarik dan mengunjungi workshop menyaksikan langsung proses pembuatan kerajinan kayu oleh warga. 

Agar dapat mewujudkan Kampung Akurium sebagai kampung wisata, Dwi berencana melakukan rembuk bersama warga. Dengan begitu, penataan akan menselaraskan warga, pemerintah dan swasta.

"Kita akan carikan CSR untuk mewujudkannya. Semangatnya, public, private, people partnership," tandasnya. (nwi)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.