Berkendara Motor Luar Kota
Sabtu | 8 September 2018 | 21.22 WIB

Hallo.id, Jakarta - Saat berkendara jarak jauh, bikers akan menempuh jarak hingga ratusan kilometer. Mereka akan duduk di atas motor selama berjam-jam. Kondisi perjalanan yang cukup lama bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Untuk itu, jangan sepelekan rasa lelah yang muncul. Kelelahan menjadi awal dari munculnya gangguan kesehatan akibat kondisi fisik yang menurun.

Awal gangguan kesehatan yang sering dialami pemotor saat touring biasanya terkena masuk angin. Rasa demam muncul karena metabolisme menurun dan badan terus menerus terkena hembusan angin. 

Gangguan kesehatan lainnya yang bisa dialami setelah berkendara motor cukup lama yaitu kesemutan. Ini disebabkan karena sendi-sendi di area paha dan bokong menjadi kaku karena kurang gerak.

Anda sebagai pengguna motor sport rentan mengalami nyeri pinggang dan pundak. Berkendara bungkuk layaknya mengendarai motor balap bakal membuat tubuh bekerja ekstra saat berkendara. 

Posisi seperti ini membuat Anda  mudah lelah akibat duduk menunduk terlalu lama saat mengendarai sepeda motor. Dampak jangka panjang dapat menyebabkan perubahan posisi atau letak tulang punggung.

Menghindari gangguan kesehatan saat berkendara motor jarak jauh

Hal penting bagi bikers yang gemar berkendara jarak jauh yaitu istirahat yang cukup selama riding. Anda bisa memilih lokasi istirahat seperti teras minimarket, SPBU, atau halaman masjid. Istirahat selama riding jarak jauh perlu dilakukan untuk memulihkan tenaga.

Saat beristirahat, sempatkan juga untuk meluruskan kaki yang pegal akibat terlalu lama duduk diatas motor. Perlu Anda ketahui kalau selama berkendara bisa membuat peredaran darah kurang lancar.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu asupan gizi baik dari buah atau tablet multivitamin. konsumsi makanan bergizi atau buah-buahan memberi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. 

Bila butuh 'dopping', Anda boleh saja mengonsumsi tablet multivitamin. Asupan vitamin tambahan menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit meski menempuh perjalanan jauh.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.