Akibat Situ Meluap, Banjir Tol Cikampek Meluas Hingga Karawang

Akibat Situ Meluap, Banjir Tol Cikampek Meluas Hingga Karawang
Akibat Situ Meluap, Banjir Tol Cikampek Meluas Hingga Karawang.
Senin | 14 November 2016 | 13.28 WIB

Hallo.id, Bekasi – Hujan lebat yang melanda Jakarta, Tangerang, Bandung dan sekitarnya, kemarin, membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Di Kabupaten Bekasi, hujan menyebabkan jalan tol di ruas Cikampek-Jakarta Km 38 tergenang.

Banjir di jalan bebas hambatan ini mulai menerjang sekitar pukul 16.00 WIB. Hingga pukul 23.30 WIB tadi malam, genangan di ruas ini belum sepenuhnya bisa surut. Tinggi genangan bervariasi antara 10-60 cm. Kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta berjalan tersendat karena tidak bisa melalui pintu tol Cikarang Barat.

Kendaraan dialihkan keluar kepintu tol Karawang Barat dan Karawang Timur. Pengalihan arus kendaraan di arah lawan (contraflow) terus diberlakukan karena kemacetan mencapai 30 km. Polisi juga mengarahkan pengendara untuk tidak masuk tol, melainkan menggunakan arteri Cikampek menuju Karawang, Cikarang, dan Bekasi.

Tak hanya jalan tol, banjir juga menggenangi beberapa titik di kawasan Delta Mas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Selain lantaran intensitas hujan yang tinggi, banjir diduga akibat meluapnya Situ Delta Mas yang berada di pinggir tol. “Kami belum bisa pastikan penyebabnya. Hingga saat ini, tim penanggulangan banjir sedang menelusurinya,” kata Juru bicara PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto.

Menurutnya, Jasa Marga langsung menurunkan tim untuk mengatasi banjir dan kemacetan parah di lokasi. Selain itu, tim juga menyelidiki penyebab pasti genangan ini. Namun hingga tadi malam, pihaknya belum mendapatkan informasi resmi soal penyebab banjir ini. Banjir di tol Jakarta-Cikampek kemarin adalah yang kedua kali terjadi tahun ini.
Banjir serupa pernah melanda ruas Jakarta-Cikampek tepatnya di Km 34 pada 14 Februari lalu.

Kasat Lantas Polres Bekasi AKP Rendy Setia mengatakan, banjir yang menggenangi jalan tol Jakarta-Cikampek, kemungkinan akibat jebolnya tanggul Situ Delta Mas, Cikarang yang berbatasan dengan Kabupaten Karawang. Akibat banjir ini, jalur sulit dilalui dan kepolisian telah membuat rekayasa lalu lintas.

Pengguna jalan tol yang memasuki Kota Karawang juga dialihkan ke jalan baru alternatif karena di sejumlah titik di kota Karawang juga terjadi banjir. Sejumlah warga tak menyangka banjir kemarin melanda kawasan Delta mas.

Asep Munandar, 28, salah satu warga, menyatakan banjir besar baru kali ini terjadi sejak dia tinggal di kawasan ini empat tahun silam. “Hujan deras membuat perempatan Delta Mas kebanjiran begini,” tutur warga asli Indramayu ini.

Selain di tol, banjir juga diduga memicu terganggunya jalannya kereta api. Ratusan penumpang menuju Jakarta pun menjadi telantar. “Sudah hampir setengah jam lebih kami tertahan di Stasiun Cikampek,” tutur Wisnu, 38, salah satu penumpang KA Tawang Jaya. (sap/hlb)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.