Begini, Cara Mengatasi Takut, Cemas, dan Khawatir dalam 7 Langkah Saja

Begini, Cara Mengatasi Takut, Cemas, dan Khawatir dalam 7 Langkah Saja
cemas dan khawatir
Selasa | 17 Januari 2017 | 14.32 WIB

Hallo.id, Jakarta – Rasa takut atau khawatir terhadap sesuatu adalah hal yang manusiawi dan wajar.

Kita semua mengalaminya. Bukankah anda pernah merasa khawatir dengan apa yang akan terjadi besok di kantor, sekolah atau khawatir dengan masa depan anda?

Bahkan perusahaan besar pun ada perasaan cemas ketika menghadapi ketidakpastian iklim usaha.

Perasaan takut , cemas dan khawatir yang ada pada diri kita timbul karena kita tidak yakin mengetahui apa yang sesungguhnya akan terjadi.

Kecemasan tidak boleh dibiarkan berlarut menguasai anda karena dampaknya pada ketahanan mental dan fisik. Anda bisa drop. Kecemasan bahkan membuat anda berhenti berfikir dan bertindak.

Seseorang yang akan menjalani pensiun atau akan berhenti dari pekerjaannya biasanya mengalami kecemasan amat sangat. Dia akan merasa kehilangan banyak hal. Demikian pula bagi karyawan yang PHK. Selalu ada kecemasan.

Sesungguhnya rasa takut, cemas, khawatir timbul karena ketiadaan kemampuan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi, apa yang akan dilakukan di hari esok.

Perusahaan transportasi kapal laut atau pesawat udara telah menyiapkan alat-alat penyelamat penumpang ketika terjadi musibah. Gedung pencakar langit menyiapkan jalur evaluasi dan fasilitas pemadam api yang memadai.

Ini untuk mengatasi rasa takut penumpang atau penghuni. Ketika sesuatu yang buruk menimpa, semuanya telah disiapkan untuk menghadapi berbagai kemungkinan.
Oleh karena itu bagi siapapun, rasa cemas harus dikelola dan dicarikan solusi, bukan didekap terus.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk menghadapi kecemasan dalam hidup yang bisa anda lakukan :

1. Positiflah terhadap diri sendiri. Anda pasti memiliki kekuatan lebih.

2. Susunlah suatu perencanaan hidup baik jangka pendek, menengah atau jangka panjang.

3. Siapkan pilihan-pilihan agar tidak terjebak pada kemacetan dan keputus asaan.

4. Inventarisir segenap kemampuan lebih anda termasuk sumber daya yang dimiliki.

5. Mencari sosok orang lain yang pernah mengalami kejadian serupa dan pelajarilah.

6. Tetap optimis dan semangat menghadapi dan menjalani.

7. Doa. Doa adalah kekuatan luar biasa yang membantu anda bertindak. Kekuatan doa adalah tanpa batas.

Bersiaplah dari sekarang menghadapi segala kemungkinan baik dan kurang baik. Pastikan anda bisa memperkirakan sejak dini. (Nuredi Yuniarso – Motivational Speaker, Ketua IMAS chp Makasar. Masih aktif di sebuah bank BUMN)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.