Begini Caranya Agar Tidak Terkena Penyakit Menular Seksual

Begini Caranya Agar Tidak Terkena Penyakit Menular Seksual
Sabtu | 29 April 2017 | 4.7 WIB

Hallo.id,Jakarta- Sebagai salah satu variasi bercinta, seks oral (oral sex) cukup popular. Pasalnya, kegiatan ini sering dijadikan pemanasan saat bercinta atau foreplay. Akan tetapi tidak sedikit pasangan yang khawatir dengan kegiatan seks oral ini karena kuman selalu ada jauh lebih banyak di mulut dan belum tentu pasangan memiliki kelamin yang bersih. Selain itu masih banyak orang yang tidak setuju dengan kegiatan oral seks dan menganggapnnya tidak pantas dilakukan.

Sebenarnya seks oral sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, tidak semua pasangan merasa nyaman melakukan oral seks. Meskipun begitu banyak juga pasangan yang memasukkan “menu” oral seks di setiap kegiatan intimnya. Seks oral adalah aktivitas seksual dengan memberikan stimulasi alat kelamin pasangan dengan menggunakan mulut, lidah, gigi atau tenggorokan.

Agar tidak tertular penyakit menular seksual (PMS), sebaiknya Anda tidak berhubungan seks bergonta-ganti pasangan. Lakukan dengan pasangan yang sah. Cara meminimalisasi penularan PMS, apabila melakukan kegiatan seks oral sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat dan aman. Penularan PMS dapat dicegah dengan cara:

1. Memeriksakan diri sendiri dan pasangan sedini mungkin agar dapat mengetahui apakan Anda sehat, atau memiliki penyakit seksual atau tidak. Sebaiknya juga Anda dan pasangan rutin memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kesehatannya demi memperoleh kehidupan seksual yang sehat.
2. Kenali pasangan Anda dengan baik, apakah pasangan Anda dulu sering berganti-ganti pasangan ataukah dia suka “jajan”. Karena banyak orang yang tidak menyadari kalau dirinya sudah mengalami penyakit kelamin.
3. Lakukan oral hanya kepada pasangan yang tetap atau jangan berganti-ganti pasangan seks.
4. Selalu mandi atau membersihkan alat kelamin terlebih dahulu sebelum melakukan seks oral.
5. Sebelum melakukan seks oral, hindari menggosok gigi karena bisa menyebabkan gusi berdarah dan goresan kecil pada mulut. Penyakit lebih mudah menular dengan adanya luka dalam mulut. Maka pastikan kondisi mulut dalam keadaan sehat, seperti tidak ada sariawan atau luka.
6. Bagi pria, sebisa mungkin hindari melakukan ejakulasi di dalam mulut wanita. Yang terpenting adalah hindari melakukan seks oral dengan orang yang riwayat seksualnya tidak Anda ketahui.
7. Melakukan vaksin juga bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko tertular hepatitis B dan infeksi HPV.

Hubungan seksual yang sehat tidak mengakibatkan penularan penyakit menular seksual (PMS). Demikian juga seks oral yang sehat tidak akan menjadi sumber penularan penyakit kelamin. Untuk menghindari tertularnya penyakit, setiap pasangan sebaiknya menggunakan alat pengaman dan memeriksakan dirinya dan pasangan sedini mungkin ke dokter.(IK)

 

Foto:istimewa

 


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.