Dengan Pancasila, Dana Desa Bisa Sejahterakan Masyarakat Papua

Rabu | 31 Agustus 2016 | 18.4 WIB

Hallo.id, Papua – Program percepatan pembangunan nasional yang terus dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di wilayah timur Indonesia harus terus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Tetapi, proses pengawasan juga perlu dilakukan agar tujuan dan cita-cita pembangunan bisa terlaksana dengan baik.

Anggota DPR/MPR RI dari daerah pemilihan Papua, Roberth Rouw menilai bahwa program percepatan pembangunan nasional bisa terlaksana dengan baik jika para pemangku kebijakan memiliki jiwa pancasila dan memahami semangat isi UUD 1945 dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mencapai pembangunan yang adil dan merata.

“Seperti dana desa, itu merupakan salah satu bentuk program percepatan pembangunan nasional untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di desa atau dikampung. Program itu sangat baik, tapi harus dikelola dengan benar oleh para kepala desa atau kepala kampung,” kata Roberth saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (31/8).

Untuk itu Roberth menghimbau kepada kepala kampung atau kepala desa diseluruh Papua khususnya di Kabupaten Pegunungan Bintang untuk lebih menjiwai nilai-nilai Pancasila dan memahami semangat UUD 1945 dalam mengelola anggaran dan menjalankan program dana desa agar bisa tepat sasaran serta tidak melanggar aturan hukum, sehingga bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat desa maupun kampung.

“Artinya dengan menjiwai nilai-nilai Pancasila, dana desa bisa sejahterakan masyarakat Papua,” tutur Roberth dihadapan para peserta kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI ini yang terdiri dari SKPD, para Kepala Kampung, pelajar, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Karena itu, Roberth yang kini duduk sebagai Anggota Komisi IX DPR RI menjelaskan, kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan MPR RI yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang ia laksanakan saat ini perlu terus dikumandangkan agar seluruh rakyat Indonesia bisa memahami dan menjiwai semangat cita-cita para pendiri bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.

“Sosialisasi empat pilar ini perlu dilakukan secara rutin agar cita-cita pendiri bangsa bisa terwujud secara nyata di bumi Indonesia. Apalagi TAP MPR dan UU Nomor 27 tahun 2009, serta UU Nomor 17 Tahun 2014, tentang DPR, MPR dan DPD, mengamanatkan untuk semua anggota MPR ikut aktif dalam sosialiasi empat pilar kebangsaan ini ke seluruh Indonesia, khususnya di daerah masing – masing,” jelas politisi Partai Gerindra ini. (rsa)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.