Gadget Bisa Menimbukan Berbagai Macam Masalah Kesehatan

Gadget Bisa Menimbukan Berbagai Macam Masalah Kesehatan
unnamed
Rabu | 25 Januari 2017 | 21.5 WIB

Hallo.id, Palembang – Gadget tidak dapat terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, Nggak bisa kita pungkiri yang namanya Gadget baik itu smarpthone ataupun laptop tidak akan lepas dimainkan. Pas lagi tidur pun, gadget ikutan dibawa sampai harus rela diletakan disamping bantal, adapun ketika bangun gadget juga yang wajib harus dicari duluan.

Adanya bahaya radiasi dari penggunaan gadget ternyata dapat menimbulkan beragam penyaki berbahaya, bisa itu kanker otak hingga penurunan kesuburan.

Konsultan kesehatan, Imam Suwono mengungkapkan, bahaya dari radiasi yang dihasilkan dari penggunan gadget dapat memicu munculnya beragam masalah kesehatan bagi seseorang. Berdasarkan penelitian, efek berbahaya, berupa glioma, kanker otak ganas, leukemia hingga penurunan kesuburan bagi laki-laki.

“ Gadget itu memang tidak bisa kita hindari penggunaan, namun terpenting disini bagaimana cara menyikapinya itu secara bijak. Jangan menggunakan secara berlebihan, terpenting harus bisa memperlakukan gadget sesuai kondisinya,” ujarnya saat memberikan seminar mengenai pengaruh negative gadget terhadap kesehatan di Kampus STIKES Nusantara, Rabu (25/1).

Lebih jauh Imam mengungkapkan, kebanyakan aktivitas penggunaan gadget dilakukan dengan salah, tidak hanya kalangan remaja namun orang dewasa pun menggunakan gadget tidak benar. Misalnya pada peletakan gadget seperti handphone yang diletakan di kantong ataupun saku celana yang sering dilakukan pria, ataupun menyisipkan gadget di kantong baju merupakan tindakan yang salah.

“ Tak hanya itu, pemakaian smartphone dengan menelpon sambil berjalan juga sangat fatal, karena pada posisi ini tanpa kita sadari radiasi sangat besar. Hal ini disebabkan karena sinyal yang terus mencari ketika kita berjalan,” paparnya, kepada puluhan pelajar dan mahasiswa yang hadir.

Oleh karena itu, semua perangkat gadget yang memancarkan radiasi harus digunakan dengan tepat dan cermat, terutama dengan tidak berlebihan menggunakannya. Buatlah sebuah jeda penggunan gadget ataupun gunakan gadget hanya sebatas ketika akan berkomunikasi saja.

“Sebaiknya bagi kalangan muda harus paham dengan ini, dengan memperbanyak kegiatan ataupun aktivitas langsung yang tidak menggunakan gadget, ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi penggunan gadget tiap harinya,” tandasnya.

(Hasan)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.