Gedung SDN 4 Batuagung Terancam Ambruk

Gedung SDN 4 Batuagung Terancam Ambruk
Gedung SDN 4 Batuagung Terancam Ambruk.
Kamis | 5 Januari 2017 | 17.3 WIB

Hallo.id, Jembrana – Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Batuagung, Kecamatan Jembrana, Bali terancam abrol. Beberapa bagian plafon sudah ambruk kemarin. Sementara hampir semua tembok bangunan sudah keropos sehingga mengancam keselamatan 132 murid dan guru di sekolah itu.

Kepala Sekolah SDN 4 Batuagung, Ida Ayu Komang Bintang mengatakan, kemarin beberapa bagian plafon rontok. Untung saat kejadian tidak ada kegiatan belajar-mengajar di ruamgan tersebut. Karena saat itu anak-anak sudah pulang ke rumah.

“Saat hujan lebat kemarin, beberapa bagian plafon di sekolah ini jebol. Terutama di ruang kelas IV. Semetara di ruangan lain tinggal menunggu waktu,” katanya.

Akibat kejadian tersebut, 13 orang siswa kelas IV diungsikan ke ruangan bekas Pokja Kejar Paket.Gedung sekolah yang dibangun tahum 1968 tersebut sebagian besar temboknya sudah keropos sehingga tidak aman bagi para siswa yang belajar di sekolah itu.

Bahkan menurut dia, kondisinya sudah sangat memprihatinlan. Itu sebabnya sejak peristiwa ambrolnya plafon sekolah kemarin, 13 orang murid harus dievakuasi dan tidak boleh mengikuti kegiatan belajar-mengajar di ruangan tersebut.

“Tidak hanya tembok dan plafon yang terancam hancur, tetapi juga kayu penyanggah atap. Akibat kayu-kayu tersebut keropos, pegangan plafon lepas sehingga menyebabkan plafon ambrol. Kayu-kayu tersebut keropos karena sudah lama dimakan rayap,” katanya.

Beberapa murid yang ditemui mengaku takut masuk kelas. Mereka cemas kejadian kemarin terulang saat mereka berada di dalan ruangan. Seperti yang dikemukakan Ida Ayu Putu Prima Meisyani. Siswi kelas empat SDN 4 Batuagung tersebut mengaku trauma masuk kelas.

“Itu ada plafon yang sudah hancur dan ambruk. Saya takut masuk kelas. Apalagi di bagian utara sudah jebol. Dulu nggak takut, tapi sekarang takut,” katanya.

Hal yang sama dikemukakan murid lainnya, Ida Bagus Komang Adi Putra. Murid kelas empat ini mengaku takut masuk kelas karena kondisi bangunan sekolah sudah tidak layak digunakan. Kerusakan sudah berat sehingga anak-anak takut masuk sekolah.

Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan bangunan sekolah akan ambrol. Kalau kejadiannya saat anak-anak sedang belajar akan sangat membahayakan keselamatan mereka. (don)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.