Group Equator Enterpreneur, UMKM Anti Riba Semakin Pesat

Group Equator Enterpreneur, UMKM Anti Riba Semakin Pesat
Senin | 21 November 2016 | 8.48 WIB

Hallo.id, Jakarta – Walaupun baru terbentuk awal tahun 2016, perkembangan Group Equator Enterpreneur atau GEE sebagai komunitas UMKM anti riba semakin pesat. Dari yang awalnya hanya 20 pelaku usaha kini sudah mencapai 322 produsen yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kita yakin komunitas ini akan terus berkembang dan akan semakin banyak para pelaku usaha yang sadar dengan bahaya riba dalam membangun udaha,” ungkap Nur Devi Rasita, founder GEE kepada wartawan di Jakarta.

Perkembangan itulah yang dilihat BNI Syariah sebagai bank yang terus mengkampanyekan agar para pelaku usaha meninggalkan riba memutuskan untuk mensuppor GEE.

Menurut Imam Teguh Saptono, Direktur Utama BNI Syariah, pasar Indonesia yang pada tahun 2020 akan menjadi yang terbesar ke lima di dunia perlu di persiapkan dari sekarang. Sehingga nantinya para pelaku usaha dalam negeri khususnya UMKM bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

“Karena itu kita terus mendukung komunitas UMKM seperti GEE ini yang berani meninggalkan riba untuk perkembangan para anggotanya sehingga bisa menjadi pengusaha besar yang sesuai dengan syariat Islam,” jelasnya.

Menanggapi persoalan permodalan yang dibutuhkan para pelaku usaha terutama mereka start up, Imam menyarankan agar GEE membentuk koperasi sehingganya nantinya permodalan akan diberikan kepada koperasi yang selanjutnya akan dilanjutkan kepada para anggota dengan mekanisme yang di atur dalam koperasi tersebut.

Selain itu diharapkan juga, dibentuknya Jaring Pengaman Pengusaha (JPP), sehingga bila nanti ada anggota yang masuk dalam jaring terasebut bisa langsung direcovery dan kembali memulai untuk membangun usahanya.

Tahun 2016 ini BNI Syariah memiliki target pembiayaan sebear Rp 7 triliun untun dan akan ditingkatkan sebesar 25% untuk tahun 2017 mendatang. (her/fkb)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.