Ini Penyebab Bau Tak Sedap pada Vagina

Ini Penyebab Bau Tak Sedap pada Vagina
Senin | 3 Oktober 2016 | 3.8 WIB

Hallo.id, Jakarta - Aroma tak sedap pada vagina merupakan gangguan serius saat bercinta dengan pasangan. Terlebih lagi untuk suami yang hobi melakukan oral seks. Aktivitas bercinta  yang seharusnya melahirkan kenikmatan, malah menyebabkan pasangan menjadi kehilangan nafsu dan mood untuk menyelesaikan permainan.

Ada beberapa penyebab vagina bau. Aroma tak sedap yang disebabkan oleh infeksi pada vagina biasanya terjadi akibat masuknya bibit penyakit golongan bakteri trichomonas vaginalis, jamur candida, parasit richomonas vaginale dan virus ke dalam vagina, kemudian berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Ditandai dengan keluarnya lendir berwarna kehijauan, kekuningan, dan abu-abu, yang dibarengi dengan bau busuk dan amis.

Cara membasuh (cebok) yang dilakukan dari belakang ke depan juga menjadi penyebab hadirnya aroma tak sedap pada vagina. Kebiasaan cebok yang salah ini membuat kuman yang berasal dari liang dubur bisa berpindah ke vagina. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus-menerus maka lama-kelamaan kuman ini akan berkembang biak dan menguarkan aroma yang tak sedap pada vagina.

Penggunaan pembalut (tampon) yang digunakan terlalu lama pun diyakini sebagai penyebab hadirnya bau tak sedap pada vagina. Pembalut yang digunakan terlalu lama akan rawan tercemar air cebok sehingga menjadi lahan empuk untuk berkembang biaknya kuman penyebab bau tak sedap. Saat tampon digunakan terlalu lama, sirkulasi udara yang masuk ke vagina pun menjadi terhalang sehingga vagina pun akan mengeluarkan wangi yang tak sedap.

Penggunaan sabun pembersih secara berlebihan bisa menyebabkan bau tak sedap pada vagina. Penggunaan sabun yang berlebihan menyebabkan hilang atau matinya flora normal yang seharusnya tumbuh di vagina. Flora normal ini berfungsi untuk melindungi vagina dari masuknya kuman, bakteri, dan jamur. Hilangnya flora normal ini akan membuat kuman, bakteri, dan parasit jadi lebih mudah masuk ke vagina.

Penggunaan celana dalam yang tidak menyerap keringat pun menjadi salah satu penyebab hadirnya wangi tak sedap pada vagina. Pasalnya tidak adanya sirkulasi udara di vagina. Alhasil vagina pun akan menjadi lembab dan berbau tidak sedap. Foto: ist. (tik)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.