Ketahui Manfaat dari Chemical Peeling

Ketahui Manfaat dari Chemical Peeling
Rabu | 31 Mei 2017 | 4.21 WIB

Hallo.id,Jakarta- Chemical peeling adalah treatment yang paling sering dan mudah digunakan untuk awet muda. Fungsi chemical peeling adalah melepaskan sel-sel kulit mati, kemudian dalam prosesnya akan merangsang sel-sel kulit baru sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

Chemical peeling dilakukan untuk mempercepat pengelupasan kulit, karena kulit selalu berganti dengan kulit yang baru.
Menurut dr. Ruri, bahan yang digunakan dalam chemical peeling adalah glycolic acid, TCA (trichloroacetic acid), serta larutan Jessner.

Larutan jessner ini mengandung asam salisilat, yang biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Sementara untuk mengatasi vlek hitam digunakan chemical peeling yang mengandung glycolic acid.

Chemical peeling dilakukan sebulan sekali jika kulit tidak bermasalah. Namun, jika kulit bermasalah sebaiknya treatment chemical peeling ini dilakukan dua minggu sekali. Pada kulit yang sangat sensitif, chemical peeling sebaiknya dilakukan jarang. Tidak dianjurkan terlalu sering melakukan chemical peeling.

Setelah melakukan chemical peeling bisa timbul efek kerja dari obat, seperti kemerahan dan kulit mengelupas. Namun biasanya efek kerja terjadi selama tiga hari, sesudah itu kulit menjadi bagus. Sementara efek samping yang dapat terjadi adalah kulit kemerahan dalam jangka waktu lama. Selain itu, juga timbul efek gatal-gatal bila kulit sensitif. Jika terjadi efek samping, biasanya diberi krim alergi atau krim iritasi.

Begitu pula treatment facial atau scrub wajah untuk awet muda juga bisa dilakukan. Namun menurut dr. Samuel, sebaiknya treatment-treatment tersebut dilakukan tidak terlalu sering yaitu sebulan sekali. Pasalnya, kulit tumbuh dalam empat minggu sehingga jika treatment terlalu sering efek sampingnya adalah kulit menjadi menipis. Jika kulit menipis maka bisa menyebabkan alergi, serta kerusakan akibat matahari lebih besar dan kulit lebih sensitif. Lama-kelamaan juga dapat timbul vlek-vlek hitam. (IK)

 

Foto:istimewa


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.