Legislator Minta Kepala Kampung Berperan Aktif Jaga Kedaulatan NKRI

Legislator Minta Kepala Kampung Berperan Aktif Jaga Kedaulatan NKRI
anggota-dpr-ri-roberth-rouw-di-waropen-3
Kamis | 17 November 2016 | 17.22 WIB

Hallo.id, Waropen – Semangat perjuangan pendiri bangsa dalam merebut dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus di jaga oleh generasi bangsa saat ini, terutama para tokoh-tokoh adat dan kepala-kapala kampung.

Hal tersebut disampaikan oleh Roberth Rouw selaku Anggota MPR RI dari daerah pemilihan Papua saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di Gedung Pertemuan Waren, Botawa, Kabupaten Waropen, Papua, Kamis (17/11).

“Kepala kampung dan tokoh tokoh adat merupakan ujung tombak terpeliharanya kedamaian dalam kehidupan masyarakat. Karena itu saya berharap para kepala kampung dapat lebih berperan aktif lagi dalam menjaga kedaulatan NKRI,” kata Roberth.

Roberth menuturkan, beban tugas para kepala kampung saat ini sangatlah berat. Sebab, bukan hanya menjaga dan membina masyarakat saja dalam kehidupan berbhineka tetapi sekarang ikut bertanggungjawab atas majunya pembangunan di daerah. Lantaran, saat ini sudah ada program dana desa yang langsung diterima dan dikelola oleh para kepala kampung.

“Dana desa harus dikelola dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Ketika daerah sudah maju dan masyarakat sudah sejahtera maka kedaulatan bangsa negara bisa terjaga dengan baik sesuai dengan amanat UUD 1945,” jelas politisi Partai Gerindra ini.

Dalam pidato penutupnya, Roberth yang menjabat sebagai Anggota Komisi IX DPR RI ini menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar yang digelarnya ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menanamkan rasa persatuan kebangsaan serta memupuk nilai-nilai nasionalisme. “Apalagi, kegiatan itu merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan bagi seluruh Anggota DPR/DPD dan MPR RI,” imbuhnya.

Karena itu ia menjelaskan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika merupakan empat pilar yang harus menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. “Empat pilar bangsa ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu harus terus kita sosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (rsa)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.