Lezatnya Berbuka Puasa Bersama Buka Puasa Nusantara

Lezatnya Berbuka Puasa Bersama Buka Puasa Nusantara
Rabu | 7 Juni 2017 | 9.8 WIB

Infokecantikan.co - Buka Puasa Nusantara, sebuah acara tahunan yang digelar untuk mempromosikan seni kuliner Nusantara. Idenya adalah menyajikan sejumlah makanan dari berbagai wilayah Nusantara dengan tampilan inovasi yang kreatif.

Berbeda dengan masakan negara Asia lain yang sudah mendunia seperti masakan Jepang, China, India dan Thailand, masakan Indonesia paling kompleks dan beragam. Keberagamannya dapat dilihat beberapa kuliner, seperti Soto. Hampir setiap daerah memiliki Soto seperti Soto Betawi, Soto Banjar dan lain-lain.

Indonesia juga bisa dikatakan republik Mie, makanan yang disebut street food ini memiliki kekayaan variasi dan tradisi yang berbeda antarsetiap daerah, serta disertai dengan lauk yang berbeda. Seperti Medan dikenal dengan Bihun Bebek, Jakarta dikenal dengan Mie Ayam, Malang dikenal dengan Cwie Mie, Yogya dikenal dengan Mie Godok, serta Pontianak dikenal dengan Kwetiauw Goreng.

Berdasarkan sejarahnya, Indonesia menjadi persimpangan jalan antara kebudayaan Hindu, Budha hingga Islam. Indonesia menjadi jalur rempah-rempah yang tersohor sehingga banyak disinggahi berbagai pedagang dari berbagai kebudayaan. Mereka meninggalkan jejak budaya di masakan Indonesia.

Pedagang dari Arab, China, Portugis, Belanda dan India meninggalkan jejak budaya yang sangat beragam, serta menciptakan fusi makanan yang sangat unik dan berbeda satu sama lainnya.

Menariknya tradisi makan enak ini menciptakan budaya yang berlapis, mirip kain perca yang setiap kreasi berbeda dan memiliki spektruk kenikmatan bersantap dan goyang lidah yang berkarakter luar biasa. Seorang budayawan mengatakan hanya di Indonesia memiliki tradisi setiap makanan ada sambal khusus dan berbeda.


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.