Mau Lolos Wawancara Kerja? Perhatikan Hal Berikut Ini

Mau Lolos Wawancara Kerja? Perhatikan Hal Berikut Ini
Rabu | 26 April 2017 | 6.41 WIB

Hallo.id,Jakarta- Di tengah padatnya persaingan dunia kerja, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tak semudah membalik telapak tangan. Meskipun menyandang status sebagai fresh graduated, persaingan yang harus dihadapi sangat ketat.

Agar Anda bisa lolos seleksi dari persaingan tersebut, tentu ada trik yang harus diperhatikan.

Menurut Fhierly Carena, S.Psi,MBA, ketika akan melakukan sesi wawancara kerja, kenali prinsip STAR.

STAR adalah Situation atau Situasi, Task atau Tugas, Action for Achievement atau tindakan untuk mencapai prestasi dan Result atau kontribusi hasil kerja Anda terhadap perusahaan.

Situasi. Ceritakan pengalaman secara detil sehingga orang yang mendengarnya dapat membayangkan apa yang terjadi pada situasi tersebut. Bagaimana awalnya? Siapa saja yang terlibat? Apa tantangan dan kesulitan yang dihadapi?

Tugas. Paparkan secara secara spesifik apa yang menjadi tugas dan misi Anda.

Action for Achievement. Apa saja tindakan yang sudah Anda lakukan dalam situasi tersebut untuk menjalankan tugas yang diberikan. Jelaskan secara spesifik sehingga mudah dibayangkan oleh orang lain.

Result. Result adalah hasil yang Anda capai melalui pengalaman tersebut. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan.

Dalam menjelaskan hambatan, apabila hambatan adalah orang sebaiknya tidak fokus ke orang, tapi ke perilaku orang tersebut. Apabila hasilnya adalah gagal, Anda menyampaikan pelajaran apa yang bisa Anda petik dan langkah antisipasi yang akan dilakukan agar tidak terulangi lagi.

Akan lebih baik jika dalam wawancara, Anda membawa hasil kerja sebagai bukti nyata apa yang pernah dikerjakan. Meskipun portofolio biasanya sudah dilampirkan di CV, tak ada salahnya Anda membawa kembali dalam bentuk hard copy.

 

Foto: istimewa


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.