Sandiaga Bertemu dengan Wali Kota Depok untuk Sinergitas Antar Dua Wilayah

Sandiaga Bertemu dengan Wali Kota Depok untuk Sinergitas Antar Dua Wilayah
Sandiaga Uno, Mohammad Idris..
Rabu | 2 Agustus 2017 | 8.52 WIB

Hallo.id, Depok – Sebagai ibu kota, DKI Jakarta sangat berhubungan dengan tetangganya. Terutama dengan sejumlah kota satelitnya yang dikenal dengan istilah Jabodetabek. Karena itulah, perlu ada sinergitas antara Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya.

Seperti misalnya Depok. Bahkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bertemu dengan Wali Kota Depok Mohammad Idris, berencana untuk memperkuat hubungan kedua wilayah.

“Tadi pak Wali sudah sampaikan bahwa 60 persen warga Depok adalah commuter yang ke wilayah DKI. Ini tentu banyak isu-isu yang berkembang mulai dari traffic, lapangan kerja, dan beberapa permasalahan yang selama ini masih menjadi PR yang harus di selesaikan,” ujar Sandiaga bersama Wali Kota Depok di kawasan Cibubur, Depok, Jawa Barat, Selasa (1/8/2017).

Pertemuan menarik tersebut merupakan inisiatif Anies-Sandi, yang berkeinginan untuk membangun komunikasi dan penanganan banjir juga dibahas, karena Depok salah satu dilewati kali Ciliwung. Keduanya, baik Sandi maupun Idris berharap kerjasamama ke depan bisa segera terjadi, meskipun pertemuannya masih informal.

“Kami pasti harus terus komunikasi ke depan dan alhamdulillah hari ini Wali kota menyediakan waktu di wilayah Depok,” ungkapnya.

Selepas pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat akan berbicara dengan Kota-kota yang menjadi tetangga dalam lingkup Jabodetabek. Jakarta sebagai pusat kawasan Metropolitan tersebut, pasti ingin tetap menjalin hubungan baik dengam tetangganya.

Hal tersebut juga selaras dengan pernyataan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ia juga berdiskusi dengan Sandiaga perihal mengenai masalah pembangunan yang bersinambungan.
Inti dari pembahasannya adalah, persoalan kota dan persoalan Ibukota untuk pengembangan pembangunan.

Terkait masalah pengelolaan banjir, baik Sandiaga maupun Idris ingin langsung adakan diskusi lebih lanjut sebelum pelantikan, agar pada Oktober nanti bisa langsung fokus kesana. Permasalah Banjir akibat sungai Ciliwung diharapkan dikelola mulai dari hulu hingga hilirnya.

“Ini bagaimana penyelesaian masalah itu, ini bagaimana kita punya satu sungai satu kesatuan yang tidak terpisahkan yaitu Ciliwung dari hulu sampai hilirnya,” kata Idris.

Agar wacana yang disebutkan diatas bisa diwujudkan, oleh karena itu diperlukan komunikasi yang lebih efektif. Maksud dari wacana-wacana diatas tentunya tidak lepas dari pemerintah pusat.

Idris menambahkan, banyak aset-aset Kota Depok yang bisa bekerjasama dengan DKI. Hal tersebut tidak lepas dari fakta, bahwa sebesar 60 persen masalah warga Depok adalah masalah ‘Commuter’ yang punya aktivitas di Jakarta.

“Kita juga harus bagaiman mereka ada kemacetan di Jakarta tapi setelah sampai Depok jangan sampai macet lagi dong. mereka inginnya begitu. Depok pun bantuan-bantuan dari DKI dan pemerintahan pusat,” ucapnya. (ver)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.