Sidak Sekolah Rusak, Dewan Ultimatum Pejabat Tidak Politisir Dana Pendidikan

Sidak Sekolah Rusak, Dewan Ultimatum Pejabat Tidak Politisir Dana Pendidikan
Sidak sekolah rusak, SDN 4 Batuagung, Bali
Jumat | 6 Januari 2017 | 16.58 WIB

Hallo.id, Jembrana – Wakil Ketua Komisi A DPRD Jembrana, I Putu Dwita mengultimatum Pemkab Jembrana agar tidak mempolitisasi dana pendidikan. Hal ini ia ungkapkan saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SDN 4 Batuagung yang mengalami kerusakan parah, Jumat (6/1/2017) siang.

Putu Dwita saat memimpin Komisi A DPRD Jembrana juga mengaku heran dengam kondisi bangunan sekolah reyot seperti itu. Menurutnya seharusnya saat ini sudah tidak ada lagi gedung sekolah yang rusak seperti ini. Karena anggaran pendidikan yang diterapkan di Jembrana sudah lebih dari 20 persen dan sudah berlaku hampir lima tahun.

Namun ia berjanji segera mengecek ke Dinas Pendidikan untuk mengetahui berapa jumlah sekolah yang mengalami kerusakan. Hal ini berkaitan dengan politik anggaran yang akan diterapkan dalam tahun mendatang.

“Tentu ini mengagetkan kami. Persepsi kami tahun 2017 semua sekolah sudah layak melakukan kegiatan belajar mengajar. Ternyata tidak jauh dari kota masih ada sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan,” katanya.

Ia menghimbau para pejabat agar tidak mempolitisasi anggaran pendidikan. Seperti memberikan bantuan hanya kepada sekolah tertentu yang nyatanya sudah sering mendapat bantuan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Jembrana, Dewa Pitu Wardana Astawa mengaku SDN 4 Batuagung tidak masuk dalam daftar sekolah yang diperbaiki tahun 2017. Namun ia berjanji akan mengamggarkannya dalam perubahan anggaran nanti.

“Mudah-mudahan nanti di APBD Perubahan bisa dibantu. Karena kondisi di SDN 4 Batuagung sudah parah, kami coba upayakan dalam anggaran perubahan nanti,” janjinya

Data Dinas Pendidikan Jembrana mencatat saat ini masih lebih dari 25 gedung sekolah yang kondisinya rusak. Baik rusak ringan maupun rusak parah. Sekolah tersebut tersebar di lima kecamatan yang ada di Jembrana. (don)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.