Walikota Depok Apresiasi “Longmarch : Sapu Kampung”

Walikota Depok Apresiasi “Longmarch : Sapu Kampung”
Walikota Depok Apresiasi Longmarch - Sapu Kampung.
Sabtu | 1 April 2017 | 16.6 WIB

Hallo.id, Depok – Walikota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi kegiatan Longmarch atau Sapu Kampung yang dilakukan oleh masyarakat se-Kecamatan Limo. Kegiatan Sapu Kampung tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Depok yang ke-18 tepatnya jatuh pada bulan April. Sementara itu, dalam acara itu masyarakat diajak berjalan santai dari Kantor Kecamatan Limo sampai berujung di tempat festival. Mereka berbondong-bondong menyusuri jalan raya sambil membersihkan sampah yang ada di sekitarnya.

“Hal ini patut saya apresiasi karena selain menyemarakkan ulang tahun Kota Depok, melalui Longmarch ini kita juga sama-sama membersihkan kampung dan jalan raya dari sampah,” ujar Walikota Depok ketika memberikan sambutan di halaman Kantor Kecamatan Limo, Sabtu (01/04/2017).

Selain rangkaian kegiatan yang disusun dengan membersihkan kampung, masyarakat pun sebelum datang ke kantor kecamatan setiap orang membawa kantong hitam besar yang berisi sampah. Sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga atau yang mereka temukan ketika perjalanan dari rumah ke Kantor Kecamatan Limo. Sesampainya di sana, sampah tersebut di timbang dan itu akan ada apresiasinya pula. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Limo, Para Lurah se-Kecamatan Limo, Danramil, Kapolsek Limo, RT/RW, Karang Taruna, Pramuka SMPN 13 Depok, dan masyarakat se-Kecamayan Limo.

Kegiatan Longmarch atau Sapu Kampungtersebut juga memiliki keunikan tersendiri yang tidak dilakukan oleh kecamatan lain. Salah satunya menyatukan bersih-bersih kampung dengan kegiatan berjalan kaki menyusuri jalan raya di wilayah Limo. Selain itu, ada festival untuk menghibur masyarakat sekaligus menyemarakkan hari jadi Kota Depok tercinta.

Tidak hanya itu, beragam perlombaan pun dilakukan guna memghibur masyarakat Kota Depok, khusnya bagi warga kecamatan Limo. “Nah, yang saya dengar tidak kalah unik dan tidak pernah dilakukan di tempat lain itu ialah nominasi Keluarga Harmonis dari tiap kelurahan di Kecamatan Limo. Saya sangat apresiasi sekali kegiatan ini, sungguh, karena bukan cuma untuk membersihkan kampung saja tetapi keluarga yang harmonis pun harus tercipta di lingkungan kita ini,” imbuh Idris.

Menurut dirinya, kita selaku masyarakat Kota Depok pun harus saling bekerja sama untuk membangun kota ini. Bukan hanya masyarakat saja tetapi oara stekholder atau pelayan masyarakat juga turut merangkul untuk menjadikan Kota Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius. “Melalui sinergitas kita semua insyaallah Kota Depok ini akan meraih prestasi yang dapat kita rasakan sama-sama,” sambungnya.

Terakhir, Alumni Gontor itu juga memberitahukan mengenai upaya pemerintah yang sedang berjuang untuk membangun fasilitas publik. Salah satunya fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas 24 jam rawat inap di Wilayah Kecamatan Limo. “Untuk pembangunan Puskesmas rawat inap 24 jam di wilayah ini masih kami upayakan. Kami juga sedang berusaha untuk mendapatkan tempat dan asset sebagai lahan pembangunan fasilitas publik,” paparnya kembali. Oleh karena itu, lanjutnya, demi terwujudnya semua itu diperlukan adanya kerja sama dan dukungan dari masyarakat Kota Depok. (ding)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.