Waspadai 7 Penyakit Menular Seksual Ini

Waspadai 7 Penyakit Menular Seksual Ini
Sabtu | 29 April 2017 | 3.58 WIB

Hallo.id,Jakarta- Di Indonesia, banyak orang yang belum menyadari soal adanya penyakit menular seksual. Apalagi di tanah air edukasi tentang seks masih rendah dan belum banyak media yang membahas soal penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) secara gamblang. Berikut penyakit-penyakit menular seksual yang dapat menular melalui seks oral:

Human Papillomavirus (HPV). Virus HPV ini bisa menular jika melakukan seks oral dengan orang yang terinfeksi HPV. Pada umumnya, orang yang memberi seks oral lebih berisiko terkena HPV karena ia berhadapan langsung dengan cairan genital. Memakai kondom bisa meminimalisasi risiko, tapi Anda masih bisa tertular HPV dari kontak kulit ke kulit tidak hanya melalui cairan. HPV yang diperoleh saat melakukan seks oral merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan kanker tenggorokan dan mulut.

Sifilis. Infeksi sifilis ini merupakan salah satu PMS yang umum tertular melalui seks oral. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidium. Bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh melalui luka kecil pada mulut saat seks oral.

Gonore. Penyakit ini kerap disebut kencing nanah dan tergolong umum tertular melalui seks oral. Gonore sering tertular ketika seorang wanita melakukan seks oral pada pria. Namun, kemungkinan seorang pria terkena gonore jika melakukan seks oral pada wanita lebih rendah karena infeksi gonore pada wanita lebih terfokus pada serviks daripada luar vagina.

Klamidia. Klamidia termasuk lebih jarang tertular melalui seks oral. Risiko lebih tinggi ketika melakukan seks oral pada Mr.P daripada pada vagina. Risiko terinfeksi melalui seks oral pada vagina mirip dengan gonore.

Herpes. Selain cairan, penyebarannya juga bisa melalui kulit ke kulit. Seperti sifilis dan gonore, herpes juga umum tertular melalui seks oral.

Hepatitis A dan B. Seks oral yang dilakukan pada anus merupakan penyebab Anda bisa tertular hepatitis A dan mungkin hepatitis B. Sedangkan melalui seks oral pada vagina dan Mr. P, belum pasti bisa menularkan hepatitis B.

HIV. Ada juga risiko tertular HIV (human immunodeficiency virus) jika melakukan seks oral dengan pengidap HIV, walau risikonya kecil.(IK)

 

Foto:istimewa


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.