by

7 Tips Praktis Menulis Berita untuk Media-media Online Hallo Network

HALLO – Selain laporan berita yang ditulis oleh para wartawannya, redaksi media online di lingkungan Hallo Media Network (HMN) juga menampung tulisan reportase dari berbagai kalangan pembacanya.

Termasuk dari kalangan mahasiswa, aktivis organisasi, humas, penulis lepas (freelance) dan dari teman-teman pers lainnya yang ingin karya tulisnya ingin dipublikasikan juga di media ini, dan media yang ada di jaringan media online HMN.

Media-media yang termasuk dalam jaringan media online HMN antara lain:

BACA JUGA :  Operasi Ketupat Jaya 2021 Sudah Putar Balik 1.070 Kendaraan di Hari Pertama Larangan

Untuk memudahkan penulisan berita, di bawah ini ada beberapa tips praktis yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk menulis berita di media ini. Semoga bermanfaat.

Pertama, Berita Harus Peristiwa Hari Ini

Sebaiknya berita yang dikirimkan adalah peristiwa yang terjadi sepanjang hari ini. Kenapa? karena media ini adalah media online. Kalau surat kabar atau koran harian, berita pagi ini paling cepat diterbitkan besok.

Ada pengecualian, utamanya adalah keberimbangan berita (cover both side) karena belum mendapatkan konfirmasi. Bisa juga memiliki nilai kelayakan berita (news value) yang luar biasa.

BACA JUGA :  Walikota Gibran Rakabuming Tegaskan SIKM Bukan untuk Wisatawan, Ini Penjelasannya

Kedua, Membuat Judul yang Menarik

Sebaiknya sekitar 9 kata saja (atau 8 sampai 10 kata). Judul bertujuan untuk menarik perhatian pembaca.

Meskipun demikian judul harus mencerminkan isi berita yang akurat, jelas, dan ringkas. Lebih bagus lagi jika bisa mengundang rasa penasaran pembaca.

Produk mediia online harus mudah dimengerti pembaca, karena jika tidak kemungkinan audience pembaca yang akan mencari informasi di media online yang lainnya.

BACA JUGA :  Kasal Ungkap 4 Fakta Sebelum Kapal Sebelum KRI Nanggala-402 Tenggelam di Perairan Utara Bali

Ketiga, Membuat Kalimat yang Ringkas

Sebaiknya satu kalimat jangan lebih dari 27 kata. Lebih disarankan agar 27 kata menjadi dua kalimat. Jangan bertele-tele. Satu kalimat juga bisa memjadi satu paragraf atau alenia.

Keempat, Membuat Paragraf yang Berorientasi

Sebaiknya satu paragraf berisi 27 kata atau sekitar 7 baris pesan whatsApp (dengan font normal). Jadi dalam satu paragraf bisa mengandung satu atau dua kalimat saja