by

Banyak Desakan, Akhirnya Jokowi Perintahkan Tes Massal Virus Corona

Hallo.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memerintahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan instansi terkait lainnya untuk segera melakukan pemeriksaan cepat atau rapid test massal guna menguji status individu tertular virus corona atau tidak.

“Segera lakukan rapid test dengan cakupan lebih besar agar deteksi dini indikasi awal seseorang terpapar COVID-19 bisa dilakukan,” kata Presiden, saat memulai rapat terbatas Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

BACA JUGA :  Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442 H Pekan Depan, Ini 86 Titik Lokasi Hilal di 34 Provinsi

Jokowi juga meminta protokol kesehatan yang jelas dan sederhana agar mudah dipahami masyarakat. Sehingga setelah rapid test dilakukan, petugas medis dapat memertimbangkan dengan baik opsi untuk melakukan karantina mandiri terhadap pasien atau karantina di RS.

BACA JUGA :  Varian Baru Covid-19 E484K Ditemukan di Jakarta, Begini Langkah Kemenkes

“Penyiapan protokol kesehatan yang alurnya jelas dan mudah dipahami. Ini penting, terkait hasil rapid test, apakah dengan karantina mandiri atau memerlukan layanan RS. Protokol kesehatan yang jelas,” tegas Kepala Negara.

BACA JUGA :  Kabar Duka Cita, Ayahanda Wartawan Senior Budi Purnomo Telah Tiada

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan elemen masyarakat telah mendesak pemerintah untuk menggelar tes massal corona. Alasanya, metode ini sukses meredam penyebaran virus seperti yang dilakukan Korea Selatan dan Vietnam. (mer)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.