by

Arab Saudi Dikabarkan akan Membangun Mega Wisata Jurassic Park

Hallo.id, Jakarta – Arab Saudi berencana membangun Jurassic Park di negaranya. 

Menghimpun berbagai sumber, Selasa (27/10/2020), tempat itu akan diwujudkan di Kota Neom yang disebut sebagai kota masa depan.

Neom merupakan sebuah mega proyek pariwisata yang diusung oleh Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman sejak tahun 2017 silam. Dibangun di wilayah seluas 26.500 kilometer persegi, proyek ini berencana menyulap daratan tandus yang lokasinya dekat dengan Terusan Suez, berjajaran dengan Laut Merah dan Teluk Aqaba.

Pembangunan Kota Neom akan membutuhkan dana USD 500 miliar dengan masa pembangunan 40 tahun. Neom akan menjadi kiblat masa depan untuk dunia dalam beragam hal.

Nantinya, kawasan Neom akan menampung area yang didedikasikan untuk teknologi masa depan di 16 sektor yaitu energi, air, mobilitas, biotek, makanan, manufaktur, media, hiburan, teknologi dan digital, pariwisata, olahraga, desain kan konstruksi, pelayanan, kesehatan, pendidikan dan kualitas hidup.

Pembangunan kota masa depan itu harus terhenti sementara akibat pandemi Corona. Lain halnya dengan di Indonesia, di mana pembangunan infrastruktur tetap dikebut seperti di Pulau Rinca. (rad)