by

Bandara Dibuka, Langsung Ramai, Ketahuan deh 11 Penumpang Positif Covid-19

Hallo.id, Jakarta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang kembali ramai dengan hilir mudik penumpang setelah kembali beroperasi mulai kemarin. Sejauh ini, ada 579 penumpang datang dari luar negeri.

“Hasil pemeriksaan, terdapat 11 penumpang yang merupakan ABK dari Italia dinyatakan positif COVID-19,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soetta Anas Maruf, Jumat (8/5/2020).

BACA JUGA :  22 Perjalanan Kereta di Daop 3 Cirebon Kembali Dibatalkan, Ini yang Menjadi Alasan

Dia memang langsung mengerahkan para petugas Bandara Soetta untuk memeriksa setiap penumpang yang datang setelah dibukanya kembali bandara itu.

Setiap hari, imbuhnya, petugas melakukan screening 600-1.000 penumpang, terutama untuk WNA atau ABK kapal asing. Seperti cek suhu, wawancara juga tes cepat,” kata Anas, seperti dikutip dari Antara

BACA JUGA :  DPR Minta agar Vaksin Nusantara Karya dr Terawan Diserahkan ke BPOM

Usai mengetahui adanya penumpang yang positif COVID-19, pihak bandara kemudian berinisiatif melakukan pemeriksaan tambahan, seperti wawancara penyelidikan epidemiologi, pengamatan tanda gejala, pemeriksaan suhu, dan rapid test.

BACA JUGA :  PUPR Usulkan Fasilitas Pembiayaan Perumahan Rp23 Triliun bagi 200.000 Rumah Subsidi

Sempat terjadi antrean panjang dan penumpukan penumpang dalam pemeriksaan kesehatan tersebut. “Ada 24 orang petugas kami yang diterjunkan di lokasi. Ditambah lima orang dokter yang sedang praktek lapangan,” kata Anas. (kon)