by

Bareskrim Periksa Imigrasi Terkait Dugaan Eksploitasi ABK WNI di Kapal China

Hallo.id, Jakarta – Dua tersangka penipuan Putri Arab Saudi, Princess Lolowah telah ditangkap beberapa waktu lalu. Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo mengatakan dari pengakuan yrsangka mengaku melakukan penipuan itu untuk membayar utang.

“Untuk bayar utang, buat kebutuhan sehari-hari, belanja, dan lain-lain,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Ferdy Sambo, Kamis (27/2/2020).

Jenderal bintang satu ini tak menjelaskan berapa nilai utang para tersangka. Saat ini masih terus menelusuri transaksi keuangan kedua tersangka bekerjasama dengan PPATK.

“Masih dikembangkan dari sisi transaksi keuangannya dia hasil dari PPATK itu. Kan masih ditelusuri lagi. Kalau masih ada ditemukan lagi yang tidak sesuai dan dugaan hasil perbuatan yang dilakukan itu kita proses,” ujarnya.

Selain itu polisi juga menelusuri aset lainnya dari tersangka yang baru ditangkap, Evie Marindo Christina, ibu dari tersangka Eka Augusta Herriyani. Berkas perkara kedua tersangka akan disatukan sebelum dilimpahkan ke kejaksaan.

“Sementara kita kembangkan. Kemarin kan dikembangkan satu tersangka, sekarang satu tersangka lagi. Berkas akan kita satukan. Selain Pasal 372 dan 378 kita juga menerapkan UU TPPU,” ucapnya. (pol)