by

Benarkah Hobi Hanya Menghambur-hamburkan Uang?

Hallo.id – Hobi adalah kesukaan atau kesenangan secara kontinyu terhadap suatu kegiatan dan atau benda tertentu. Mengoleksi perangko, lukisan, buku lawas,membaca novel, berkebun, travling, dan banyak lagi.

Ada yang beranggapan bahwa hobi hanya menghambur hamburkan uang. Pernyataan tersebut tidak seutuhnya dan seluruhnya benar.

Banyak orang sukses berbisnis sesuai hobi. Bisnis berdasarkan hobi berkali kali untungnya.

  • Pertama bekerja tanpa beban psikologis (alienasi).
  • Kedua, bekerja atas dasar hobi menyenangkan.
  • Ketiga, bila laku atau banyak konsumen yang tertarik, hati bahagia.
  • Keempat, jauh dari rasa bosan dan jenuh.
  • Kelima, bagi para hobiest mereka sangat paham akan product knoledge yang akan ia jual. Dan seterusnya.

Banyak contoh di sekitar kita atau banyak orang yang sukses menjadi pilot malah beralih jadi fotografer. Sudah cape-cape sekolah dokter, malah jadi pelukis.

Idealnya memang antara hobi dan bisnis dalam bidang yang berdekatan. Seorang pembalap bisnis otomotif.

Seorang penyuka anjing bisnis Toko dog food. Suka masak bisnis restoran. Suka sama anak kecil, bisnis Kid Party. Suka dandan, bikin bisnis salon kecantikan. Suka akan lukisan, bisnis Art Gallery atau Art Dealer. Dst.

Kendala utama yg dihadapi adalah sering kali kita susah menentukan hobi yang akan kita jadikan bisnis. Bagaimana memulainya. Modal dapat dari mana?

Untuk mencari jawabannya anda dapat berkonsultasi pada ahlinya. Banyak pakar yang bisa membantu.

Kendala lain yang tak kalah mengerikan adalah rada ragu dan takut. Kalau kita mau jujur pada diri sendiri, maka masalah yang paling sulit adalah melawan rasa takut. Takut mengambil resiko. Takut ini itu.