by

Bila Pemerintah Benar-benar Longgarkan PSBB, Ini Skenario yang Disiapkan Polri

Hallo.id, Jakarta – Sejumlah langkah telah disiapkan Polri dalam mengantisipasi rencana pemerintah memulihkan perekonomian dengan merelaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Langkah tersebut dengan menggandeng TNI.

“Jadi kepolisian tetap memberikan dukungan penuh kepada kebijakan pemerintah dan nanti juga sudah diberlakukan untuk relaksasi dengan PSBB ini, ya utamanya dari TNI-Polri menjaga, mengawal pendistribusian sembako,” kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan, Senin (11/5/2020).

Argo mengatakan pengawalan distribusi sembako akan dilakukan secara berkala. Selain itu, pengawalan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan alat kesehatan pendukung penanggulangan Covid-19 juga akan dikawal dengan baik.

Lebih lanjut, Argo mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait kebijakan larangan mudik bagi masyarakat meskipun pemerintah kembali membuka moda transportasi dengan ketentuan dan syarat tertentu.

“Tentunya pelaksaan di lapangan itu berbeda dengan di kertas atau di teori. Artinya kalau di lapangan anggota kepolisian dan TNI langsung bersentuhan dengan masyarakat bawah atau masyarakat yang menggunakan transportasi. Tentunya tetep ada check point yang dilakukan kepolisian,” pungkas Argo. (pol)