by

Bombastis, Ekonom Tuding Target Kemiskinan O% Tidak Ada Dasarnya

Hallo.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo menargetkan kemiskinan esktrem menjadi nol persen alias sudah tidak ada lagi pada 2024. Peneliti senior LIPI Siti Zuhro menilai target itu terlalu bombastis.

“Menurut saya terlalu bombastis lah,” ujar Siti, Jumat (6/3/2020).

“Jadi menurut saya sebagai presiden dia harus mengucapkan tentunya bahwa apa yang disampaikan itu berbasis data, jadi kalo kemiskinan menjadi zero tahun 2024 atas dasar apa,” tambahnya.

Kata Siti, Jokowi harus memetakan jumlah secara nasional terkait pengangguran dan kemiskinan. Sebab, menurut Siti, tahun 2019 menunjukkan bahwa masih puluhan juta yang miskin dan pengangguran 7-9 juta.

“Lah itu kan jumlah yang banyak. Kemiskinan atas dasar apa dari mana digenjot sehingga masyarakat miskin itu betul-betul entaskan,” jelasnya.

Menurut Siti, sebelum menargetkan nol persen, Jokowi sebaiknya melakukan tindakan-tindakan yang dapat memperkecil jumlah kemiskinan dan pengangguran.

“Sehingga diharapkan di tahun 2021 katakan gitu ada penurunan yang signifikan, 2022, 2023 kita bikin roadmap 2024. Nah kita targetkan di 2020 saja itu akan turun berapa,” katanya. (war)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.