by

Cara Pemberian Vaksin Tifoid untuk Orang Dewasa

HALLO – Selain diberikan kepada anak-anak, vaksin tifoid juga diberikan kepada orang dewasa. Vaksin tifoid merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit tifus atau demam tifoid. Penyakit tifus sendiri disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menular lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri ini juga banyak ditemukan di lingkungan yang kotor atau tidak higienis.

Gejala yang timbul akibat bakteri tersebut berupa demam, sakit kepala, lelah, nafsu makan menurun dan gangguan pencernaan. Apabila tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan komplikasi serius, seperti meningitis, perdarahan pada saluran pencernaan, pneumonia dan bahkan kematian.

Seperti yang dikemukakan oleh Dr. Purnamawati Sujud, SpA(K), MMped, dari Yayasan Orang Tua Peduli, vaksinasi adalah langkah tepat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti tifoid. Penggunaan vaksin tifoid sangat dianjurkan karena di Indonesia kejadian penyakit tifus cenderung tinggi. Setidaknya data pemerintah mencatat 600 ribu kasus tifus yang terjadi setiap tahunnya.

Vaksin tifoid merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit tifus atau demam tifoid.

Cara Pemberian Vaksin Tifoid

Cara pemberian vaksin yang dapat mencegah penyakit tifus ini tergantung dari jenisnya. Sampai saat ini terdapat tiga jenis vaksin Tifoid, yaitu TCV (vaksin konjugat tifoid), ViPS (vaksin Polisakarida Vi) dan Ty21a. Ketiga jenis tersebut memiliki cara atau prosedur yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

1. TCV

Vaksin tifoid jenis ini diberikan melalui injeksi atau suntikan pada otot sebanyak 1 kali. Tidak hanya diberikan pada orang dewasa hingga berusia 45 tahun, jenis ini juga bisa diberikan mulai umur 6 bulan.

Dosis TCV yang diberikan sebanyak 0,5 ml. Dosis tersebut sesuai dengan ukuran satu dosis vaksin. Injeksi vaksin dilakukan secara intramuscular atau tegak lurus dengan kulit penerima vaksin.

2. ViPS

Sama halnya dengan TCV, vaksin tifoid jenis ViPS ini diberikan melalui penyuntikan pada otot atau di bawah kulit. Injeksi harus dilakukan minimal dua minggu sebelum penerima terpapar tifus.

Selain dewasa, ViPS juga aman diberikan pada anak-anak berusia di atas dua tahun. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan setiap dua tahun. Vaksin jenis ini juga sudah tersedia di Indonesia. Satu dosisnya berukuran 0,5 ml untuk satu kali injeksi.

3. Ty21a

Berbeda dengan dua jenis vaksin tifoid sebelumnya, Ty21a berbentuk kapsul dan diberikan sebanyak 4 kali, yakni hari ke 0, 2, 4 dan 6. Vaksin ini harus dikonsumsi sebelum makan. Selain itu harus diminum dengan air dingin atau air dengan suhu tidak lebih dari 37 derajat celcius.

Pemberian vaksin Ty21a harus selesai dalam kurun waktu satu minggu sebelum terpapar tifus. Di dalam vaksin jenis ini mengandung Salmonella yang telah dilemahkan atau dinonaktifkan. Hal ini lah yang membuat vaksin jenis ini tidak dianjurkan untuk anak-anak berusia kurang dari enam tahun. Pemberian vaksin ini juga dapat diulang setiap lima tahun.

Vaksin Ty21 harus disimpan pada suhu 2-18 derajat celcius. Selain itu vaksin berbentuk kapsul ini tidak disarankan untuk ibu hamil, orang dengan daya tahan tubuh lemah serta pengguna antibiotic atau kemoterapi. Vaksin jenis ini memiliki tingkat efektifitas sebesar 36-66 persen dalam mencegah tifus. Efektifitas ini lebih rendah dibanding yang suntik, yakni 60-70 persen pada anak dan dewasa.

Efek Samping Vaksin Tifoid

Tidak berbeda dengan jenis vaksin lainnya, vaksin tifoid juga memberikan efek samping. Vaksin tifoid suntikkan menyebabkan efek samping seperti demam, nyeri otot dan juga nyeri di lokasi suntikan. Sedangkan vaksin tifoid oral atau kapsul menyebabkan efek samping seperti mual dan sakit perut. Namun, efek samping tersebut sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi efek samping, maka efek samping itu bersifat ringan dan akan mereda dalam beberapa hari saja.

Itulah  3 cara pemberian vaksin tifoid untuk dewasa. Bagi Anda yang tinggal di Bandung dan berencana akan melakukan vaksin HPV. Anda bisa membuka aplikasi halodoc. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan list tempat vaksin Bandung secara lengkap beserta harga vaksin. Dengan begitu, vaksinasi yang akan Anda lakukan bisa berjalan dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.***