by

China Tuding Amerika Serikat Meluncurkan Perang Dingin Baru

Hallo.id, Jakarta – Pemerintah China menganggap Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah melakukan serangan tidak berdasar, memprovokasi hubungan, serta telah mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan, dalam kunjungannya di Indonesia.

Dalam keterangan resmi Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian yang dilansir dari Chinese Embassy, China menentang keras tindakan Pompeo.

“Tindakan dan pernyataan keliru Pompeo belakangan ini telah semakin memperjelas intensi buruk AS, sekaligus menggarisbawahi adanya problem serius di dalam internal AS sendiri,” kata Xiao Qian, Jumat (30/10/2020).

Atas berbagai tindakan AS belakangan ini di tengah berbagai kemelut dengan China yang semakin memanas, China mendeskripsikan AS dengan beberapa tuduhan.

Dimana, lanjut dia, Amerika justru meluncurkan apa yang disebut “Perang Dingin Baru”, memprovokasi pertentangan ideologi, dan membangkitkan revolusi berwarna di berbagai belahan dunia.

Lebih jauh, Xian menilai, Amerika juga secara brutal mengintervensi urusan dalam negeri negara lain, bahkan tidak segan menggunakan perang dan mendatangkan malapetaka bagi dunia.

“AS adalah penyebar super virus politik. China berpegang pada prinsip rakyat dan keselamatan jiwa adalah prioritas utama dalam melakukan upaya pengendalian dan pencegahan pandemi Covid-19 yang ilmiah dan efektif, dengan cara yang terbuka, transparan, dan bertanggung jawab,” pungkasnya. (rad)