by

Corona Gerus 3 Sektor Penting Ekonomi : Pariwisata, Perdagangan, Investasi

Hallo.id, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia Perry warjiyo mengatakan dampak wabah virus Corona (Covid-19) memukul tiga sektor penting yang dimiliki Indonesia, yaitu pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Menurutnya, penyebaran Covid-19 secara cepat dan masif ke banyak negara di luar China pada awal 2020 memberikan tekanan kepada perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

BACA JUGA :  Jaga Kesehatan Baik-baik, Rumah Sakit Lima Provinsi Ini Hampir Penuh

“Risiko Covid-19 tersalurkan melalui jalur pariwisata, perdagangan, dan investasi. Pandemi Corona menyebabkan peningkatan ketidakpastian di pasar keuangan global yang akhirnya menghambat pemulihan ekonomi domestik,” katanya seperti dikutip dalam buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK), Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA :  Kasus Positif Covid Tembus 1 Juta, Presiden Jokowi Arahkan Karantina Terbatas

Dia menuturkan dampak sektor perdagangan, yaitu melambatnya prospek pertumbuhan ekonomi dunia sehingga menurunkan prospek pertumbuhan ekspor barang asal Indonesia.

Dari sisi pariwisata, Perry memperkirakan kinerja sektor ini akan menurun akibat terhambatnya proses mobilitas antar negara sejalan dengan upaya memitigasi risiko perluasan Covid-19, yaitu melalui social distancing dan physical distancing.

BACA JUGA :  Kasus Positif Covid Tembus 1 Juta, Presiden Jokowi Arahkan Karantina Terbatas

Sementara itu, Covid-19 menyebabkan gejolak pada pasar valas dan pasar keuangan, seperti pasar saham dan pasar obligasi.

“Jika dilihat dari jalur pendapatan, pandemi Covid-19 diperkirakan akan menggerus permintaan swasta dan pemerintah,” imbuhnya. (bis) #mediamelawancovid19