by

DPR RI Minta Kemenag buat Keputusan Jelas soal Ibadah Haji 2020

Hallo.id, Jakarta – Anggota DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah untuk memberikan kepastian soal pemberangkatan jemaah Haji tahun 2020. Apakah akan ditiadakan atau tetap diberangkatkan.

Sebagai mana diketahui, Arab Saudi kini telah melaporkan kematian pertamanya akibat virus corona. Pada Rabu (25/3/2020), sudah terdapat sebanyak 767 kasus di Arab Saudi.

BACA JUGA :  Pembayaran THR dan gaji ke-13 Tahun 2021 Sebesar Gaji Pokok Plus Tunjangan Melekat, Begini Keterangan Menkeu

“Sehingga, pemerintah Indonesia harus segera membuat keputusan apakah pemberangkatan jemaah haji tahun ini akan diteruskan atau ditiadakan,” ujar Fadli Zon lewat keterangan tertulisnya, Kamis (26/3/2020).

Fadli menilai, keputusan itu perlu dibuat segera dengan atau tanpa putusan resmi pemerintah Arab Saudi, guna meminimalisir risiko terhadap Jamaah Haji Indonesia. “Sekaligus meminimalisir kerugian moril dan materil akibat ketidakpastian yang dibiarkan berlarut-larut.” katanya.

BACA JUGA :  Jangan Mudik, Kakorlantas Pastikan Jalur Tikus Terjaga Ketat bagi Pemudik Lebaran

Rencananya tahun ini Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 231.000 jamaah. Fadli Zon mengatakan, sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang disusun oleh Kementerian Agama, kloter pertama jamaah haji Indonesia akan masuk asrama haji pertama kali pada pada 25 Juni 2020 dan berangkat ke Tanah Suci pada 26 Juni 2020.

BACA JUGA :  Jangan Nekad Mudik, Pemprov Jabar Lakukan Penyekatan hingga ke Jalan-jalan Tikus

“Artinya, ini kan tinggal menghitung hari saja. Tapi hingga hari ini kepastian pelaksanaan ibadah haji masih saja dibiarkan menggantung,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini. (fjr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.