by

Efek Virus Corona, Warga Miskin Baru di Jawa Barat Bakal Nambah 1 Juta

Hallo.id, Bandung – Satu juta warga Jabar rawan menjadi penduduk miskin baru imbas dari wabah virus Corona. Hal itu berdasarkan kajian yang dilakukan ekonom dari Universitas Padjadjaran dan Bappeda Jabar.

“Ya yang tadinya bisa (bekerja) normal, tapi tidak bisa bekerja karena keadaan ini,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020).

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemprov Jabar akan menyalurkan bantuan keuangan bagi satu juta penduduk yang masuk ke dalam kategori rawan miskin baru.

Tiap kepala keluarga akan mendapatkan bantuan hingga Rp 500 ribu rupiah, dengan rincian sepertiga berbentuk tunai dan dua pertiga lainnya berbentuk barang berupa pangan.

Barusan kali rapat dengan pimpinan dewan ketua fraksi dan komisi berkesimpulan mulai Minggu depan kita akan menyalurkan bantuan keuangan kepada warga Jabar yang terdampak oleh Covid-19,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

“Kita bagi dua yang sudah menerima kartu sembako dari pemerintah pusat itu akan menjadi domain pemerintah pusat yang akan kita fokuskan oleh pemerintah Jabar adalah mereka yang rawan miskin baru atau misbar, estimasinya mendekati satu juta orang lah,” jelas dia.

Pemprov Jabar juga menyiapkan anggaran sekitar Rp 5 triliun pada tahap pertama yang berasal dari pergeseran alokasi perjalanan dinas, pergeseran dana desa dan dana untuk proyek yang tidak signifikan dan tak bersinggungan langsung dengan rakyat. (kon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.