by

Kini, Giliran Dewan Guru Besar FKUI Desak Jokowi agar Terapkan Lockdown

Hallo.id, Jakarta – Jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia belum juga menunjukkan angka penurunan. Sampai saat ini, belum ada langkah signifikan yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka penularan virus corona.

 Salah satu kebijakan yang sejauh ini paling ampuh menekan penularan virus corona, yakni dengan kebijakan lockdown. Hal ini juga yang didorong oleh Dewan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

BACA JUGA :  PGRI Sebut Ada Kemunduran Dunia Pendidikan di Hari Pendidikan Nasional, Ini 7 Argumentasinya

 “Melihat dari negara-negara lain, partial atau local lockdown mungkin dapat menjadi pilihan bagi Indonesia. Apa itu local lockdown? Local lockdown merupakan sebuah langkah menutup sebuah wilayah/provinsi yang sudah terjangkit infeksi COVID-19, dengan demikian diharapkan dapat memutuskan rangkai penularan infeksi baik di dalam maupun diluar wilayah,” kata Ketua Dewan Guru Besar FKUI, Siti Setiati, dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

BACA JUGA :  Jelang Idul Fitri, Ini Penjelasan Kemenag Soal Besaran Zakat Fitrah yang Berbeda Setiap Daerah
BACA JUGA :  Buntut Klaster Tarawih, Kemenag Perketat Pemantauan Penerapan Prokes di Masjid-masjid

 “Local lockdown disarankan dilakukan selama minimal 14 hari. Local lockdown pun akan memudahkan negara untuk menghitung kebutuhan sumber daya untuk penanganan di RS (SDM, APD, fasilitas RS),” tambah dia. (kon) #medialawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.