by

Gubernur California Berharap Tesla Buka Kembali Pabriknya di Fremont

Hallo.id, Jakarta – Gubernur California Gavin Newsom mengharapkan segala perselisihan mengenai pembukaan kembali pabrik Tesla di Fremont, California, akan diselesaikan dengan cepat dengan pejabat kesehatan daerah.

“Keyakinan, keinginan dan harapan saya, mereka akan bisa melanjutkan kembali (produksi) sedini minggu depan,” kata Newsom.

Tempat parkir di pabrik pembuat mobil listrik Tesla di California Tesla, Senin (11/5/2020) tampak hampir penuh. Hal itu menunjukkan perusahaan itu bisa melanjutkan kegiatan produksi dengan menentang perintah otoritas kesehatan daerah.

Sebuah pernyataan yang diunggah Tesla di situs webnya, Sabtu (9/5/2020) malam, mengatakan perusahaan itu “telah memulai proses melanjutkan kegiatan” tetapi tidak mengatakan kapan pabrik akan benar-benar dimulai. Kantor berita Associated Press, Senin (11/5/2020), meminta komentar dari perusahaan itu.

Indikasi pemulihan kegiatan ini terhadi dua hari setelah Tesla menggugat Departemen Kesehatan Alameda County untuk membatalkan keputusannya dan CEO Tesla Elon Musk mengancam untuk memindahkan pabrik pembuatan mobil dan kegiatan kantor pusat Tesla keluar dari negara bagian itu.

Kembalinya pekerja secara normal akan melanggar perintah Departemen Kesehatan Alameda County, yang menganggap pabrik itu sebagai bisnis yang tidak esensial dan tidak bisa dibuka berdasarkan pembatasan wilayah untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

Newsom mengatakan akan menghubungi pejabat kesehatan Alameda mengenai dibukanya kembali pabrik itu.

Tesla, otoritas setempat dan negara bagian belum berkomentar atas permintaan konfirmasi yang dilayangkan kantor berita Associated Press. Demikian, seperti dikutip Voaindonesia.com (*/voa)