by

Ibu Kota Negara di Kalimantan Cermin Budaya Asli Indonesia

Hallo.id, Jakarta – Pemerintah terus mengakselerasi rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Selain dampak positif yang bakal diciptakan, percepatan pemindahan IKN ini merupakan langkah utama untuk mewujudkan kemajuan nasional.

Rakyat Indonesia perlahan demi perlahan mulai paham akan upaya pemindahan Ibu Kota sebagai bentuk ikhtiar untuk memajukan Indonesia. Akhirnya, pembangunan IKN di Pulau Kalimantan menuai banyak dukungan.

BACA JUGA :  Menag akan Pimpin Langsung Sidang Isbat dalam Penetapan Awal bulan Syawal 1442H

Tak bisa dipungkiri lagi, DKI Jakarta yang notabene telah ratusan tahun menjadi Ibu Kota Negara sudah kelebihan “muatan”. Muatan yang overload ini menyebabkan sejumlah masalah yang cukup kompleks. Seperti, kesenjangan sosial, tingkat pengangguran tinggi sementara arus urbanisasi kian meningkat.

Oleh karena itu, pemindahan Ibu Kota Negara dan pusat pemerintahan dari Pulau Jawa ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menjadi salah satu upaya Pemerintahan Presiden Jokowi dalam menyelenggarakan lima program prioritasnya, dimana daerah tersebut harus berada di tengah-tengah wilayah Indonesia sehingga memudahkan Pemerintah membentuk sistem birokrasi yang menjangkau seluruh wilayah NKRI dari barat ke timur.

BACA JUGA :  Jangan Nekad Mudik, Pemprov Jabar Lakukan Penyekatan hingga ke Jalan-jalan Tikus
BACA JUGA :  Pembayaran THR dan gaji ke-13 Tahun 2021 Sebesar Gaji Pokok Plus Tunjangan Melekat, Begini Keterangan Menkeu

Sementara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan infrastruktur IKN nantinya akan membuat peluang investasi menjadi terbuka dan diharapkan sarana dan prasarana seperti sekolah, universitas, serta rumah sakit yang terbaik bisa dibangun di IKN yang baru. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.