by

Ini Program Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bogor

-Bogor-134 views

HALLO – Dinas Perhubungan Kota Bogor berbenah, menata dan berinovasi dalam meningkatkan kinerja urusan perhubungan untuk mewujudkan asa bagi masyarakat di Kota Bogor.

Tujuan dan sasaran jangka menengah Dinas Perhubungan Kota Bogor terealisasi dalam strategi dan kebijakan yang diiringi dengan beberapa misi.

Dengan visi Terwujudnya Kota Bogor Sebagai Kota yang Ramah Keluarga, menjadi acuan dalam pengembangan inovasi dalam dinas.

Misi Kesatu, mewujudkan Kota Bogor yang Sehat dengan meningkatkan sistem transportasi yang berkelanjutan dengan sasaran terwujudnya sistem transportasi yang ramah lingkungan.

Misi ini pun dapat terlaksana atau terealisasi melalui program pengawasan operasional angkutan umum, peningkatan kinerja pelayanan uji berkala kendaraan bermotor dan uji emisi gas buang, dan peningkatan pelayanan bus sekolah serta bus wisata.

Misi Kedua, mewujudkan Kota Bogor yang Cerdas. Adapun tujuan dari misi ini adalah terwujudnya tata kelola urusan pemerintah bidang perhubungan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

Dengan menggunakan strategi peningkatan efesiensi dan efektifitas kinerja pengawasan Dinas Perhubungan. Kebijakan atau program yang sudah dan sedang berjalan yakni pemenuhan sarana dan prasarana pendukung kinerja pegawai, peningkatan integrasi pelayanan publik berbasis sistem informasi, optimalisasi pengawasan berkoordinasi dengan APIP.

Misi Ketiga, mewujudkan Kota Bogor yang Sejahtera dengan tujuan terwujudnya sistem transportasi yang selamat, nyaman, aman dan berkualitas.

Sasarannya adalah meningkatkan kinerja sarana dan prasarana keselamatan transportasi dengan strategi peningkatan keselamatan sarana/moda transportasi, peningkatan prasarana perhubungan dan fasilitas keselamatan lalu lintas terpasang dengan kondisi baik, peningkatan aksesbilitas dan kualitas pelayanan angkutan umum, optimalisasi kapasitas jalan dan simpang, pengembangan sistem integrasi moda.

Melalui program peningkatan sistem pelayanan uji berkala kendaraan bermotor, peningkatan pengawasan dan laik jalan kendaraan wajib uji, pengembagan dan rehabilitas sarana dan prasarana perhubungan, pengadaan pemasangan dan pemeliharaan berkala fasilitas keselamatan lalu lintas, operasional jaringan trayek angkutan pengumpan (feeder), restrukturisasi dan pembinaan badan hukum operasional angkutan umum, konversi angkutan perkotaan, penataan parkir badan jalan dan penyediaan
fasilitas parkir dibadan jalan, peningkatan kesadaran tertib berlalu lintas, pembangunan simpul pelayanan transportasi (pangkalan/terminal batas kota).

Aplikasi E KIR SIMA PENGERAN

Pengembangan inovasi program kinerja Bidang Sarpras yang telah dan sedang berjalan, pengembangan sarana e-KIR, dengan terwujudnya aplikasi e-KIR bernama SIMAPENGERAN (Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor), aplikasi yang dapat di download melalui Playstore di Smartphone Android.

Aplikasi yang mengantarkan para calon uji KIR untuk mendaftarkan kendaraannya secara mandiri dan online yang terintegrasi dengan Bank BJB, jadi untuk pembayaran retribusi uji kendaraan pun berbasis host to host (Teller, Transfer ATM atau M-Banking).

Smart Parking System (SPS), program pengelolaan parkir dengan menggunakan mPOS (Mobile Point Of Sales) berbasis Android sehingga memungkinkan proses pengelolaan, pencatatan, pelaporan manajemen perparkiran dapat dilakukan dengan lebih cepat, praktis, dan terdigitalisasi. Cara pembayaran retribusi parkir pun tidak menggunakan uang tunai.

Handheld mPOS

Adapun realisasinya dapat melalui pemanfaatan barcode QRIS pada mesin handheld yang dapat mengakses berbagai alat pembayaran non tunai seperti Ovo, Dana, Go-Pay dan sebagainya.

Teknis dan Prasarana melaksanakan perawatan, pemeliharaan dan peremajaan fasilitas sarana umum secara berkala, seperti Pengecatan Marka Jalan, Halte di Kota Bogor dengan dilakukan pengecatan ulang tembok, tempat duduk, dan tiang—tiang penyangga agar Kembali menciptakan suasana yang indah dan nyaman.

Bidang Angkutan mengembangkan Aplikasi SIMAe (Sistem Informasi Manajemen Angkutan elektronik) program yang dapat mempermudah pelaku usaha angkutan di Kota Bogor dalam mendapatkan pelayanan dengan mengembangkan struktur database yang terintegrasi dengan berbagai alur pelayanan di Dinas Perhubungan, sistem pembayaran retribusi ini pun secara online melalui Bank BJB.

Sistem Informasi Manajemen Angkutan Elektronik (SIMAE).

Angkutan Dalam Trayek (ADT) melaksanakan Program 2:1, artinya 2 angkot yang expired akan diganti 1
kendaraan baru, saat ini angkot yang sudah tereduksi (2:1) sebanyak 130 angkot dari 3412 angkutan kota.

Angkutan Tidak Dalam Trayek (ATDT) melaksanakan Monitoring dan pengawasan kendaraan non trayek seperti truk, kendaraan boks, becak.

Bersama dengan BKAD Kota Bogor telah melaksanakan pelelangan aset Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Dartiblantas serta Pelaksanaan Protokol Kesehatan terus dilakukan oleh Dishub Kota Bogor melalui KIE dengan kerjasama antar Bidang/Seksi lainnya, walaupun dengan pola dan cara yang berbeda dengan memanfaat sarana media sosial atau digital maupun menggunakan mobile sosialisasi.

Wasdal gatur lalin dalam rangka peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi terus ditingkatkan oleh Dishub Kota Bogor melalui Bidang Lalu Lintas, diantaranya : Membentuk Kawasan Tertib Lalulintas Jalan Sudirman,
Jalan Djuanda dan Jalan Jalak Harupat.

Kadishub Kota Bogor, Eko Prabowo monitoring pengecekan kesehatan penumpang dan pengemudi angkutan umum.

Penempatan 8 Pos pengendali di daerah rawan kemacetan, pelaksanaan operasi penertiban terpadu pemeriksaan surat-surat kendaraan angkutan umum dan angkutan barang, pengaturan dan rekayasa lalu lintas dalam rangka hari besar keagamaan dan nasional, pengawalan VVIP, VIP dan Muspida Kota Bogor, monitoring penyediaan bus bantuan pemerintah di Statsiun Bogor serta pelaksanaan PSBB di wilayah Kota Bogor guna memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Kota Bogor.

Rambu lalulintas dan penamaan jalan.

Pengadaan dan Pemasangan Rambu Lalu lintas, Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan, Peningkatan dan Pemasangan APILL, dan Pemasangan Fasilitas Keselamatan Perlintasan Sebidang dengan Kereta Api serta Kajian-kajian transportasi yang terus dilakukan untuk menjadikan layanan transportasi di Kota Bogor yang aman, nyaman dan selamat dalam menciptakan tertib lalulintas di Kota Bogor. (Adv)