by

Ini yang Benar, DPR Panggil Kapolri dan Menkumham soal Masuknya TKI China

Hallo.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap mengatakan Komisi III DPR RI akan memanggil Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dua pejabat tinggi itu diminta untuk menjelaskan soal 49 tenaga kerja asing (TKA) asal China di Kendari, Sulawesi Tenggara di tengah maraknya wabah corona.

“Rapat Komisi III DPR kemarin (Selasa, 17/3) memutuskan akan memanggil Kapolri dan Menkumham,” kata Mulfachri di Jakarta, Rabu (18/3) seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, pemanggilan itu karena sempat ada beda pernyataan antara Kapolda Sulawesi Tenggara Brigadir Jenderal Merdisyam dengan Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Sofyan.

Merdisyam awalnya mengatakan bahwa 49 warga negara China itu bukan datang dari negara asalnya, melainkan dari Jakarta usai memperpanjang visa kerja. Belakang Sofyan berkata sebaliknya dan mengatakan 49 orang itu datang dari China dan sempat transit di Thailand.

Belakangan Mardisyam mengaku salah dan meminta maaf atas pernyataanya tersebut.

Mulfachri mengatakan Komisi III DPR telah melaksanakan rapat internal pada Selasa (17/3) terkait persoalan WNA di Kendari itu, namun hanya sebagian yang datang karena bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Menurut dia, rencana memanggil Kapolri-Menkumham itu akan menjadi agenda pertama Komisi III DPR setelah berakhir masa reses pada 22 Maret 2020.

“Kita semua harus satu bahasa dalam isu COVID-19, jangan main-main dan jangan underestimate isu ini,” ujarnya. (*/bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.