by

Jatim Tetapkan Darurat Bencana Corona, 62 RS Disiapkan Tampung Pasien

Hallo.id, Surabaya – Dua daerah di Jawa Timur telah berkategori zona merah penyakit corona atau disebut juga Covid-19. Gubenur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa pun menetapkan status keadaan darurat di Jatim.

Penetapan status keadaan darurat bencana penyakit akibat corona atau Covid-19 ini berdasarkan Keputusan Gubernur Jatim nomor 188/108/KPTS/013/2020 yang turut mengacu pada keputusan Kepala BNPB nomer 13.A/2020.

BACA JUGA :  Simpan ya, Ini Daftar Tautan Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Lansia

” Surabaya dan Malang raya sudah ada yang positif (corona) sehingga masuk dalam kategori zona merah. Yang sudah teridentifikasi atau ada sebaran PDP (Pasien Dalam Pengawasan), maka dia sudah masuk kategori zona kuning,” kata Khofifah, Jumat (20/3/2020).

BACA JUGA :  Realisasi Belanja Negara sampai dengan 31 Januari 2021 Mencapai Rp145,8 Triliun

Terkait status darurat ini, pihaknya juga sudah mempersiapkan sebanyak 62 rumah sakit di seluruh Jatim. Ke-62 rumah sakit tersebut terdiri dari rumah sakit milik pemerintah, BUMN/D, swasta serta rumah sakit yang dimiliki oleh TNI dan Polri.

“Ada 62 rumah sakit dalam koordinasi untuk memberikan pelayanan medik bagi ODP dan PDP,” ujarnya.

BACA JUGA :  Inilah Perpres 14/2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid

Direktur RSU dr Soetomo Joni Wahyu Hadi yang juga Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Pemprov Jatim menyebut, jika 62 rumah sakit ini nantinya semua dapat merawat pasien berstatus positif covid-19. (mer)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.