by

Jokowi Minta Arus WNA Masuk Indonesia Diperketat, Ini Alasannya

Hallo.id, Jakarta – Pemerintah akan memperketat kebijakan yang mengatur mengenai arus mobilitas Warga Negara Asing (WNA) yang akan masuk ke Indonesia dari luar negeri. Pengetatan kebijakan ini dinilai penting dilakukan mengingat adanya pergeseran episentrum covid-19 saat ini yang justru berada di Amerika dan juga Eropa.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat terbatas mengenai penanganan arus masuk WNI dan pembatasan perlintasan WNA di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

BACA JUGA :  Jangan Nekad Mudik, Pemprov Jabar Lakukan Penyekatan hingga ke Jalan-jalan Tikus

“Pergeseran episentrum covid-19 ke Amerika dan Eropa, maka kita juga harus memperkuat kebijakan yang mengatur perlintasan lalu lintas WNA ke wilayah Indonesia,” ujar Jokowi.

BACA JUGA :  Jangan Mudik, Kakorlantas Pastikan Jalur Tikus Terjaga Ketat bagi Pemudik Lebaran

Presiden juga meminta agar kebijakan yang mengatur mengenai perlintasan WNA ke Indonesia ini dievaluasi secara berkala guna mengantisipasi pergerakan covid-19 dari berbagai negara di dunia. Ia menyebut, lebih dari 202 negara dan teritori di berbagai belahan dunia saat ini telah terjangkit pandemi ini.

BACA JUGA :  Tim Gabungan Kembali Temukan 2 Korban Anggota Keluarga, 7 Orang Masih Tertimbun

Bahkan episentrum wabah pun telah beralih dari Cina ke Amerika dan Eropa. Namun, di sejumlah negara yang telah mampu menekan angka kasus baru corona, saat ini juga tengah menghadapi tantangan baru lainnya, yakni gelombang baru covid-19 yang berasal dari kasus luar negeri. (kon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.