by

Tak Berpikir Lockdown, Awas Pak Jokowi Telat Ambil Keputusan

Hallo.id, Jakarta –  “Tidak ada kita berpikir ke arah kebijakan lockdown

(Jokowi) seolah menutup pintu soal skenario lockdown yang kini mulai diterapkan banyak negara untuk mencegah penyebaran virus corona. Lockdown memang bakal jadi pilihan sulit bagi Jokowi karena dampak ekonomi dan sosialnya akan besar.

BACA JUGA :  Jasa Press Release Terjangkau untuk Tingkatkan Branding

Namun, Direktur Peneliti Core Indonesia Pieter Abdullah mengingatkan pemerintah jangan langsung mengambil posisi menutup diri dengan skenario terburuk itu. Ia bilang skema lockdown harus masuk dalam opsi pemerintah.

Meski ia mengakui, bila dilakukan lockdown, maka Indonesia yang sektor usahanya lebih banyak pada sektor informal akan sangat terasa bagi kalangan ekonomi bawah.

BACA JUGA :  Di Kabupaten Lumajang 5 Meninggal Dunia Akibat Gempa Malang Termasuk pasutri, Ini Penyebabnya

“Maka sebagian masyarakat kita pedagang informal akan kehilangan pendapatan dan daya beli, mereka akan merasakan dampak negatif dari lockdown, juga perusahaan-perusahaan besar,” katanya.

Ia mengakui upaya pemerintah saat ini dengan mendorong masyarakat menjaga jarak sosial antara lain imbauan kerja di rumah suatu hal yang positif. Namun, ia berpendapat tingkat disiplin masyarakat Indonesia tak cukup tinggi, maka kasus Italia bisa jadi pelajaran, sampai akhirnya Italia melakukan lockdown.

BACA JUGA :  PLN Ingatkan Mekanisme Pengambilan Token Gratis, Jangan Tertipu Informasi Palsu

“Yang harus dipertimbangkan harus cepat membuka opsi lockdown, dan mempersiapkan secara matang, mempersiapkan bukan berarti memilih,” katanya. (cnb)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.