by

Kabar Buruk, Menteri Sri Perkirakan Defisit APBN 2020 Jadi 2,2-2,5 Persen PDB

Hallo.id, Jakarta – Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan defisit pada APBN 2020 akan meningkat ke rentang 2,2-2,5 persen Produk Domestik Bruto, karena dampak dari wabah virus Corona baru atau COVID-19 yang telah menghambat kegiatan perekonomian global.

Sri Mulyani, di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3/2020), mengatakan virus COVID-19 telah menekan proyeksi pagu penerimaan di APBN karena disrupsi pada permintaan dan pasokan barang di rantai pasok ekonomi global.

BACA JUGA :  Menteri Keuangan Sri Mulyani Ungkap Faktor Penghambat RI Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Melemahnya permintaan membuat banyak harga komoditas menurun, termasuk komoditas ekspor Indonesia. Hal menimbulkan implikasi terhadap penerimaan negara, misalnya dari sektor minyak dan gas bumi. Penghimpunan pajak dari sektor-sektor lainnya pun terganggu karena penyesuaian kinerja di dunia usaha, akibat COVID-19.

“Oleh karena itu nanti di APBN 2020 memang defisitnya akan meningkat. Saat ini kita mengindikasikan, defisit itu ada di dalam kisaran 2,2 hingga 2,5 persen. Namun kita akan lihat nanti dari sisi penerimaan maupun dari sisi belanjanya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Menteri Keuangan Sri Mulyani Ungkap Faktor Penghambat RI Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Adapun pada asumsi makro UU APBN 2020, pemerintah menargetkan defisit anggaran sebesar 1,76 persen Produk Domestik Bruto (PDB) atau Rp307,2 triliun. Perhitungan defisit itu berdasarkan belanja negara yang dipatok Rp2.540,4 triliun, sedangkan pendapatan negaranya Rp2.233,2 triliun.

BACA JUGA :  Menteri Keuangan Sri Mulyani Ungkap Faktor Penghambat RI Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Di tengah penerimaan negara yang tersendat, Sri Mulyani mengatakan pemerintah masih mengoptimalkan pagu belanja untuk meningkatkan kontribusi fiskal ke perekonomian. Hal itu karena ekonomi domestik membutuhkan stimulus dari instrumen fiskal yakni APBN agar dampak dari tekanan ekonomi global dapat diminimalisir. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.