by

Kebijakan Baru Dana BOS Dinilai Untungkan Stafsus Jokowi

Hallo.id, Jakarta – Kebijakan terbaru penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di masa darurat virus corona (Covid-19), dinilai menguntungkan staf khusus (stafsus) milenial Presiden RI .

Pasalnya, dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Dana BOS boleh digunakan untuk berlangganan bimbingan belajar (bimbel) daring.

Sementara sebagaimana diketahui, Adamas Belva Syah Devara yang saat ini mengisi posisi stafsus Presiden Jokowi, masih menjabat sebagai CEO bilbel daring ternama Indonesia, Ruang Guru.

“Katanya gratis, kok jadi ajang jualan produk stafsus ya kondisi bencana seperti ini? Apa tidak punya empati,” kata praktisi pendidikan dari Center of Education Regulations and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji saat dihubungi Jurnas.com pada Kamis (16/4/2020).

“Musibah dijadikan bancanakan para startup istana,” imbuh Indra.

Indra mengatakan, sebelum mengeluarkan Permendikbud tersebut, Nadiem seharusnya memberikan panduan kepada guru dan orang tua, mengenai bagaimana membuat pembelajaran daring yang efektif.

Nadiem, kata Indra, dapat memanfaatkan TVRI yang saat ini diplot sebagai media pembelajaran alternatif di tengah kebijakan Belajar dari Rumah, untuk memberi kesempatan bagi guru dan orang tua dapat berkonsultasi secara langsung. (jur)