by

Kemenhub : Penerbangan yang Ditutup Hanya Rute China Pulang Pergi

Hallo.id, Jakarta – Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada penutupan penerbangan ke negara selain dari dan ke China, akibat wabah virus Corona (Covid-19), yang telah diterapkan sejak 5 Febuari 2020.

Direktur Jendral Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan tidak ada kebijakan penutupan sementara penerbangan internasional, kecuali dari dan ke daratan China.

BACA JUGA :  Menteri Luhut Lakukan Upaya Ini untuk Menyukseskan Travel Bubble ke Bali

“Hal ini sekaligus meluruskan pemberitaan yang beredar bahwa penerbangan selain dari dan ke China akan ditutup menyusul pengumuman Kementerian Luar Negeri terkait Kebijakan Pembatasan Lalu Lintas Orang sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang akan diterapkan mulai 20 Maret 2020,” jelasnya melalui keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

BACA JUGA :  Pemerintah Siapkah Gaji ke-13 Plus THR, Begini Penjelasan Menko Perekonomian

Sehubungan dengan kebijakan tersebut, penumpang yang datang dengan menggunakan penerbangan internasional wajib mengisi formulir Health Alert Card (HAC).

Bagi para penumpang yang dalam 14 hari memiliki riwayat mengunjungi negara China, Iran, Italia, Korea Selatan untuk kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do, Vatikan, Spayol, Perancis, Jerman, Swiss, dan Inggris akan ditolak masuk ke Indonesia.

BACA JUGA :  Kabar Baik, Pemerintah Nyatakan akan Tingkatkan Prosentase Rasio Kredit UMKM

Adapun, bagi warga negara Indonesia yang memiliki riwayat kunjungan ke negara-negara tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). (eko)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.