by

Dokter Gigi dan THT Dihimbau Tidak Berpraktik Selama Wabah Covid-19

Hallo.id, Jakarta – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan pihaknya telah meminta Kementerian Kesehatan mengeluarkan edaran agar dokter gigi dan THT jangan dulu berpraktik. Ini berkaitan dengan sebagian dokter gigi dan THT yang menjadi korban Covid-19.

“Lebih dari 20 dokter kita telah wafat. Sebagian dari Beliau-Beliau yang wafat ternyata tidak bertugas di garis depan. Kalau lihat dari latar belakang dokter, sebagian itu adalah dokter gigi dan dokter THT,” kata Doni dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR, Senin (6/4/2020).

BACA JUGA :  Jokowi Lantik Tiga Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih di Pulau Sumatera

Advertisement

Kalaupun dokter gigi maupun THT harus berpraktik, diharapkan hanya untuk penanganan kasus-kasus serius. Dengan catatan wajib mengenakan APD standar.

BACA JUGA :  Jumlah Limbah Medis, Mencapai Hampir 1663 Ton, Apa yang Harus Dilakukan

“Kami memberikan permintaan kepada Kementerian Kesehatan untuk mengeluarkan edaran agar dokter gigi, dokter THT untuk sementara tidak praktik dulu. Atau kalau harus praktik pun hanya untuk pasien yang sangat serius,” ujar dia.

“Termasuk juga mewajibkan seluruh dokter baik di rumah sakit umum, rumah sakit swasta apalagi RS Covid-19 ini menggunakan APD standar,” lanjut Doni.

BACA JUGA :  Masih Status Level Siaga, Gunung Merapi Dua Kali Meluncurkan Awan Panas Guguran

Doni menegaskan bahwa pemerintah tentu berupaya untuk melindungi tenaga medis, baik dokter maupun perawat dari ancaman Covid-19. Salah satunya lewat ketersediaan APD.

“Sehingga apabila kami menemukan pemberian pusat terutama APD kepada dokter yang disalahgunakan maka kami akan memberikan laporan kepada kepolisian untuk melakukan penertiban kepada mereka yang melakukan penyimpangan ini,” tandasnya. (lip)