by

Kemenkop dan UKM Gandeng Perusahaan Anak Jokowi. Lho Kok Gitu?

Hallo.id, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menggandeng perusahaan milik putra Presiden Jokowi, PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT). Perusahaan ini dimiliki Kaesang Pangarep.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi langkah HEBAT dalam rangka mendorong UMKM naik kelas lantaran aktivitas yang dikerjakan sejalan dan sevisi dengan program pemerintah.

HEBAT sendiri sudah melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM di berbagai wilayah di Indonesia untuk bagaimana meningkatkan omzet dan bisnisnya. Bahkan HEBAT telah melakukan coaching clinic bagi pelaku UMKM sehingga permasalahan bisnis yang dihadapi pelaku usaha terpecahkan.

Tak hanya itu Teten juga berharap akan semakin banyak pihak swasta ataupun investor yang tertarik bergabung dengan program peningkatan dan pemberdayaan UMKM nasional.

“Kolaborasi ini penting karena pemerintah nggak bisa kerja sendiri untuk menaikkkan kelas UMKM. Kita harus berpartner karena ada lebih dari 63 juta pelaku UMKM yang perlu diurus pemrintah. Nah itu butuh kerja sama dengan banyak pihak yang memang punya visi misi yang sama dengan kita,” ujar Teten dalam siaran pers, Rabu (4/3/2020).

Peran pemerintah sendiri dalam pelaksanaannya dalam hal ini Kemenkop dan UKM akan mengambil perannya dalam hal kemudahan perizinan mendirikan usaha, penerbitan sertifikasi produk UMKM hingga pemberian sertifikat hak cipta. Dengan begitu produk-produk UMKM akan lebih berdaya saing.

Di tempat yang sama CMO PT HEBAT, Ansari Kadir, menambahkan bahwa penjaringan UMKM potensial sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak awal tahun ini. Namun demi memasifkan program tersebut pihaknya meminta dukungan Kemenkop dan UKM. (kon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.