by

Ketua RW 03 Ujung Menteng Dinonaktifkan, Bukan Karena Memeras

Hallo.id, Jakarta Timur- Ketua RW 03 Kelurahan Ujung Menteng Kecamatan Cakung, H Ahmad Baihaqi terhitung sejak 9 Maret 2020 telah dinonaktifkan oleh Lurah Ujung Menteng Drs H Nasrudin dengan Surat Keputusan Lurah tersebut nomor 080 tahun 2020. Keputusan tersebut disahkan oleh Camat Cakung Drs Achmad Salahuddin MSi pada 10 Maret 2020.

Namun atas keputusan tersebut memicu terjadinya kisruh. Ketua RW 03. H Ahmad Baihaqi merasa dipermalukan dan tidak terima dengan pemberhentian sepihak di tengah jalan, sedangkan masa baktinya masih sampai 22 Juli 2020.

Baihaqi memperkirakan dinonaktifkan berkaitan dengan pekerjaannya dalam bisnis galian dan buangan tanah di lahan kosong pinggir sungai BKT dan pihaknya mengaku telah menuruti aturan yang berlaku.

“Kalau mau memeras saya nggak bisa. Lebih baik saya sodaqohkan ke masyarakat,” ucap Baihaqi

Lebih lanjut Ketua RW 03 H Ahmad Baihaqi menjelaskan bahwa kisruh permasalahannya berawal ketika dirinya membantu Pemda DKI dalam proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di sekitar Pondok Gede untuk menampung tanah buangannya.

“Saya cuma sementara saja taruh urugan tanah di lahan kosong pinggir sungai BKT yang belum dipakai itu,” katanya.

Lalu dirinya ditegur Camat Cakung agar tanah buangan itu diambil lagi. Nah dari masalah tersebut berkembang sampai dirinya dijembatani dengan institusi lain tingkat kecamatan

Baihaqi juga mengaku akhir Desember dia belum dapat mengambil tanah buangannya karena sedang punya hajat sunatan massal anak yatim dan duafa sebanyak 207 anak. Namun akhirnya Baihaqi dinonaktifkan sebagai Ketua RW 03 Ujung Menteng sejak 10 Maret 2020

Sementara itu Camat Cakung Achmad Salahuddin ketika dikonfirmasi wartawan Senin (27/7/20) membantah dengan tegas bahwa tidak ada pemerasan apapun yang dituduhankan Baihaqi kepadanya.

“Malahan rencana dia sesumbar ke orang-orang mau memberikan sejumlah uang ke saya setelah saya tolak,” tegasnya

Ia mendukung keputusan Lurah Ujung Menteng, Drs H Nasrudin, karena Ketua RW 03 H Ahmad Baihaqi yang sudah dinonaktifkan itu, karena sudah banyak melakukan pelanggaran dan tidak dapat dijadikan contoh warganya di masyarakat.

“Dia sudah tidak layak lagi jadi Ketua RW 03 Ujungmenteng,” ujar Camat Cakung

Menurut Camat Cakung Salahuddin bahwa membuang tanah urugan ke lahan BKT milik Pemda DKI , apapun itu alasannya tidak dapat dibenarkan. Apalagi itu masalahnya sudah lama dan telah ditangani oleh Satpol PP Walikota Jakarta Timur.

Sedangkan Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budhy Novian ketika dikonfirmasi wartawan Selasa (28/7/20) mengakui lokasi pinggir BKT di RW 03 Kelurahan Ujung Menteng yang dibuangi tanah bekas galian oleh Ketua RW 03 itu sudah diberi garis Satpol PP.

Sementara itu Ketua RT 07/03 Ujung Menteng, Yanto ketika ditanya lewat phonsenya, ia membenarkan pemberhentian Ahmad Baihaqi dari Ketua RW 03 sebelum waktunya. Karena itu tugas selaku Ketua RW.03 saat ini digantikan oleh Sekretaris RW 03.

“Betul Pak Ketua RW 03 dinonaktifkan. Karena itu dalam hal pelayanan kemasyarakatan dialihkan ke Seketaris RW 03,” kata Yanto

Yanto mengungkapkan bahwa setiap bulan dilingkungan wilayah RW03 Ujungmenteng diadakan pertemuan untuk saling berbagi informasi masalah pemerintahan. Pertemuan itu dipimpin Ketua LMK Ansori.

“Kerjasama yang baik antara seketaris RW 03, LMK, para Ketua RT dan Komunitas Peduli Lingkungan tetap berjalan,” pungkas Yanto. (ichsan)