by

Kominfo Cabut Stempel Hoax soal Klorokuin Bisa Sembuhkan Virus Corona

Hallo.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo akhirnya mencabut stempel hoax terkait informasi yang menyebut obat Klorokuin dapat menyembuhkan virus corona. Hal itu berdasarkan uji klinis terhadap pasien Covid-19 di Tiongkok.

Kominfo menyebut pihaknya memang sempat memberikan stempel hoax atau disinformasi terkait Klorokuin dapat menyembuhkan Covid-19. Hal itu didasarkan pada pernyataan resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BACA JUGA :  Pemerintah Keluarkan Larangan Bepergian dan Cuti Lebaran bagi ASN, Ini Durasi Waktunya

Kepala perawatan klinis dalam Program Emergensi WHO Janet Diaz menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki bukti bahwa Klorokuin dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers pada 20 Februari 2020.

Namun informasi itu diralat setelah obat Klorokuin direkomendasikan menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19. Penggunaan obat tersebut telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit Tiongkok.

BACA JUGA :  Di Kabupaten Lumajang 5 Meninggal Dunia Akibat Gempa Malang Termasuk pasutri, Ini Penyebabnya

“Maka stempel Disinformasi pada tanggal 15 Maret 2020 kami cabut,” tulis Kominfo dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (20/3/2020).

Di sisi lain, pemerintah justru mengimpor Klorokuin dan Avigan untuk menyembuhkan pasien corona. “Obat ini sudah dicoba oleh satu dua tiga negara dan memberikan kesembuhan,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/3/2020).

BACA JUGA :  Hindari Lima Kesalahan ini agar Lebih Sukses dalam Berbisnis di Bidang E-Commerce

Jokowi menyatakan akan memesan 2 juta Avigan dan saat ini telah memiliki persediaan 3 juta Chloroquine. “Kami telah datangkan 5 ribu Avigan dan dalam proses pemesanan 2 juta,” kata Jokowi. (kat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.